Siapa Saja yang Akan Menentukan Hukuman Penalti di MotoGP?

By Sabtu, 6 Februari 2016 | 16:36 WIB
Pebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi (kiri), berbicara dengan pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez, dalam konferensi pers GP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Kamis (8/11/2015).
KAZUHIRO NOGI/AFP PHOTO
Pebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi (kiri), berbicara dengan pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez, dalam konferensi pers GP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Kamis (8/11/2015).

Peraturan dalam MotoGP berkaitan dengan pemberian keputusan penalti bagi pebalap yang melakukan pelanggaran mengalami perubahan.

Hal ini didasari atas kasus yang terjadi tahun lalu, ketika Valentino Rossi (Movistar Yamaha) mendapat tiga poin penalti saat balapan GP Malaysia.

Rossi dikenai penalti karena dinilai telah mengganggu pebalap lain, yang berakhir dengan jatuhnnya Marc Marquez (Repsol Honda).

Dalam rapat Komisi Grand Prix di markas Federasi Motorsport Internasional (FIM) diJenewa, Swiss, pekan ini, ditetapkan siapa saja yang akan terlibat dalam pembuatan keputasan seputar penalti.

Dorna, yang pada musim-musim sebelumnya masih terlibat, kini tidak lagi. Mereka memilih mundur dari komite tersebut.

"Setelah insiden tahun lalu, Dorna memutuskan untuk tidak terlibat lagi dalam komite yang akan menentukan hukuman penalti bagi pebalap yang melakukan pelanggaran," kata Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna.

Komite yang akan terlibat dalam penentuan keputusan penalti terdiri dari Race Director (Mike Webb) dan dua steward dari FIM.

Presiden FIM, Vito Ippolito, mengatakan bahwa mereka memutuskan untuk memisah tugas dan tanggung jawab Race Direction dan pengawas pertandingan.

"Kami ingin Race Direction fokus dalam mengatur balapan karena banyak tanggung jawab dan tugas yang harus meraka lakukan," kata Ipolito.

"Kami ingin mereka bisa mengatur pertandingan dengan tenang dan tidak akan melibatkan mereka dalam pemutusan hukuman penanti bagi pebalap, karena itu membutuhkan waktu dan dedikasi lebih," kata pria Venezuela itu menambahkan.

Race Director merupakan salah satu bagian dari Race Direction. Selain Webb yang merupakan perwakilan Asosiasi Tim Balap International (IRTA), Race Direction juga beranggotakan Franco Uncini dari FIM, Javier Alonso dari Dorna, dan Loris Cacpirossi sebagai perwakilan pebalap.


Editor : Pipit Puspita Rini
Sumber : motogp, Crash


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X