'Obituari' Gary Neville di Valencia

By Weshley Hutagalung - Senin, 8 Februari 2016 | 16:52 WIB
Gary Neville (kiri) bersama adik sekaligus asistennya, Phil Neville, saat memimpin Valencia menghadapi Real Madrid di Estadio Mestalla, Valencia,  pada 3 Januari 2016.
MANUEL QUIMADELOS ALONSO/GETTY IMAGES
Gary Neville (kiri) bersama adik sekaligus asistennya, Phil Neville, saat memimpin Valencia menghadapi Real Madrid di Estadio Mestalla, Valencia, pada 3 Januari 2016.

Gary Neville melakoni sembilan pertandingan di La Liga sebagai pelatih Valencia tanpa kemenangan pada Minggu (7/2). Ia mengaku sudah divonis "mati" oleh publik.

Kekalahan 0-1 dari Real Betis akhir pekan kemarin seolah menjadi "lonceng kematian" bagi Neville sebagai pelatih Valencia. Tim asuhan Neville itu kini hanya berbeda empat poin dari penghuni zona degradasi klasemen La Liga 2015-2016.

Neville sudah dua bulan menangani Valencia. Di awal kepemimpinannya, ia mengatakan butuh waktu lima bulan agar dapat memperlihatkan hasil kerjanya.

"Seperti saya katakan sebelumnya, nilai hasil kerja saya setelah lima bulan. Namun, obituari sudah ditulisakan. Saya dihakimi hanya dalam enam minggu," ujar Neville seperti diberitakan ESPN.

Neville, asisten pelatih timnas Inggris, Roy Hodgson, menyebut dua penampilan terakhir timnya tak layak berujung kekalahan. Ia paham akan konsekuensi yang akan diterima ketika gagal memberikan hasil yang dibutuhkan publik.

Ya, fans Valencia semakin menuntut sang pelatih asal Inggris tersebut mengundurkan diri dari jabatannya.

Mantan bek Manchester United ini tak mempersoalkan kekalahan 0-7 yang diderita dari FC Barcelona di semifinal Copa del Rey. Akan tetapi, menurutnya Valencia pantas menang ketika melawan Betis akhir pekan lalu. Ia berharap publik Valencia menilai kualitas permainan timnya.

Gary Neville sadar akan tekanan yang ia terima dari fans Valencia. Katanya, ia dan pemilik Valencia, Peter Lim, telah bertemu dan membahas persoalan di tim.

"Hasil pembicaraan kami? Percakapan antara pelatih dan pemilik hanya untuk kami. Saya mengerti harus ada solusi cepat dalam tim. Sungguh sulit menjelaskan kekalahan, namun kami akan memperbaikinya," ucap Neville.

Gary Neville dan Peter Lim adalah rekanan dalam bisnis. Pengusaha asal Singapura itu memiliki saham di Restoran "Cafe Football", termasuk 50 persen saham di Salford City, sebuah klub amatir, yang dimliki Gary Neville dan saudaranya, Phil Neville, serta Ryan Giggs, Nicky Butt, dan Paul Scholes.

Total Pertandingan Neville di Valencia: 16
Kemenangan: 4
Imbang:6
Kalah: 6

Rapor Neville di 9 Partai La Liga
Eibar vs Valencia: 1-1
Valencia vs Getafe: 2-2
Villarreal vs Valencia: 1-0
Valencia vs Madrid: 2-2
Sociedad vs Valencia: 2-0
Valencia vs Vallecano: 2-2
La Coruna vs Valencia: 1-1
Valencia vs Gijon: 2-2
Betis vs Valencia 1-0


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : ESPN, Marca,


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X