Mantan Pelatih Persema Ini Rela Tak Dibayar di Tim Amatir

By Iwan Setiawan - Senin, 8 Februari 2016 | 21:51 WIB
Ruhanda, mantan pelatih Persema yang rela tak dibayar melatih tim amatir pada Sabtu kemarin (6/2/2016) di Lapangan Shampo Kota Malang.
IWAN SETIAWAN/BOLA/JUARA.net
Ruhanda, mantan pelatih Persema yang rela tak dibayar melatih tim amatir pada Sabtu kemarin (6/2/2016) di Lapangan Shampo Kota Malang.

Tak terasa hampir setahun sudah kompetisi di Indonesia terhenti. Dikala tim LSI masih bisa bernafas dengan berbagai turnamen, nasib naas dialami klub kasta kedua hingga Liga Nusantara.

Salah satunya klub asal Malang, Persema 1953. Klub yang memulai lagi kiprahnya dari Liga Nusantara ini harus vakum setahun lebih. Terakhir kali kompetisi kasta terendah itu bergulir adalah pada tahun 2014 silam.

Tentu, para pemain dan pelatih sangat merindukan atmosfer turnamen. Hal itu dirasakan oleh pelatih kawakan Rohanda.

Pria berusia 65 tahun ini rindu dengan aktifitas melatih.

Saking rindunya, dia kini melatih tim amatir milik kantor cabang bank negeri di Lapangan Shampo, Kota Malang.

Uniknya, dia tidak mau dibayar karena latihan hanya dilakukan seminggu dua kali. "Saya tidak cari uang di sini (klub amatir). Saya lakukan in karena murni senang melatih untuk menularkan ilmu," kata dia.

Kehidupan Rohanda memang sudah berkecukupan sehingga materi baginya bukan yang utama. Dia sudah memiliki tabungan hari tua dari saat menangani Persema di tiga edisi, musim 2003, 2006 dan 2014 (Persema 1953).

Selain itu, bapak dua anak ini adalah pensiunan pegawai negeri sipil di lingkup Kabupaten Malang.

Aktivitasnya saat ini di sepak bola hanya karena ingin mengobati rasa rindu melatih.

Sebenarnya, Rohanda bisa saja melatih klub yang memberinya bayaran di luar Malang. Tapi, pelatih berkacamata ini mengaku tak ingin jauh dari keluarganya.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X