Mau Juara? Liverpool Harus Habiskan Uang Rp 3,7 Triliun!

By Beri Bagja - Jumat, 26 Februari 2016 | 07:02 WIB
Manajer Liverpool, Juergen Klopp, saat memimpin timnya menghadapi Aston Villa dalam laga Premier League di Villa Park, 14 Februari 2016. Klopp harus berpikir keras membentuk skuatnya lebih kompetitif musim depan.
STU FORSTER/GETTY IMAGES
Manajer Liverpool, Juergen Klopp, saat memimpin timnya menghadapi Aston Villa dalam laga Premier League di Villa Park, 14 Februari 2016. Klopp harus berpikir keras membentuk skuatnya lebih kompetitif musim depan.

Sampai pekan ke-26 Premier League musim ini, Liverpool belum masuk ke zona antarklub Eropa atau area lima besar klasemen. Kalau mau bersaing kembali ke jalur juara, The Reds disebut harus menghabiskan uang sekitar 200 juta poundsterling alias setara Rp 3,7 triliun rupiah!

Pendapat tersebut diutarakan legenda Liverpool, Alan Hansen. Menurut bek sentral The Reds pada 1977-1991 itu, petinggi klub harus berani berinvestasi dengan skala besar sebagai bekal belanja pemain bagi manajer Juergen Klopp (48).

"Para pemain Liverpool yang ada sekarang tidak akan menjuarai liga. Secara realistis, klub mungkin membutuhkan lima rekrutan top musim panas nanti," ujar Hansen, yang kini berusia 60 tahun.

"Klub telah memboyong Klopp dan sekarang mereka harus mendukungnya. Anda bisa mengatakan Liverpool perlu menghabiskan 100 juta pounds, tapi uang sebanyak itu bisa mendatangkan apa di bursa transfer zaman sekarang?" katanya lagi.


Mantan pemain Liverpool dan timnas Skotlandia, Alan Hansen, saat mengikuti turnamen golf di Wentworth, Virginia Water, Inggris, 19 Mei 2010.(WARREN LITTLE/GETTY IMAGES)

Hansen menyoroti masalah utama dalam pembentukan skuat ala Klopp ialah kekhawatiran petinggi klub ragu-ragu menyuntikkan dana.

Saat ini, Klopp masih memberdayakan mayoritas anggota skuat hasil warisan Brendan Rodgers.

Sejak menggantikan Rodgers pada Oktober lalu, Klopp baru merekrut Steven Caulker (gratis) dan Marko Grujic (5,25 juta ponds) sebagai target pilihannya pada bursa Januari.

Musim depan, Liverpool juga akan diperkuat bek Joel Matip, yang datang secara gratis dari Schalke.

Menurut Hansen, tak ada cara cepat guna mengangkat Liverpool kembali menjadi kandidat juara, kecuali dengan melakukan overhaul alias perombakan skuat besar-besaran setelah musim 2015-2016 kelar.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Transfermarkt, Independent


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X