5 Momen Terpanas Derby d'Italia

By Minggu, 28 Februari 2016 | 08:47 WIB
Pemain-pemain Inter Milan dan Juventus terlibat cekcok hebat dalam partai Serie A 2002-2003 di Giuseppe Meazza.
GETTY IMAGES
Pemain-pemain Inter Milan dan Juventus terlibat cekcok hebat dalam partai Serie A 2002-2003 di Giuseppe Meazza.

Sengit, kaya intrik, dan penuh kontroversi. Demikian gambaran yang pas tentang duel panas bertajuk Derby d'Italia antara Juventus vs Inter Milan.

Eks pelatih Inter, Jose Mourinho, pernah berujar secara sinis ketika dirinya dimintai komentar terkait gol penentu kemenangan 3-2 Juventus atas Genoa yang dicetak oleh Alessandro Del Piero pada pekan ke-24 Serie A 2009-2010.

"Hanya ada satu-satunya area 25 meter di Italia," kata Mourinho.

Mourinho bermaksud menyindir keputusan wasit memberikan penalti kepada Juventus meski pelanggaran sebenarnya terjadi di luar area 16 meter alias kotak penalti.

Komentar Mourinho itu sudah cukup menjadi jawaban kenapa bentrokan Juventus dan Inter Milan selalu nikmat untuk disaksikan. Derby d'Italia menjadi ajang adu gengsi serta emosi yang kerap terbungkus dalam kontroversi. 

Berikut 5 Momen Terpanas di Derby d'Italia:

26 April 1988: Juventus vs Inter Milan 1-0 


Alessandro Del Piero dan Ronaldo, saling berjabat tangan menjelang duel Juventus vs Inter Milan di Delle Alpi pada 25 Oktober 1998.(GETTY IMAGES)

Juventus menang berkat gol brilian dari Alesandro Del Piero. Namun, bukan gol itu yang menjadi pusat sorotan melainkan pelanggaran bek Juventus, Mark Iuliano kepada Ronaldo Luis Nazario di area kotak penalti.

Alih-alih memberikan penalti untuk Inter, wasit Piero Ceccarini justru membiarkan laga terus berjalan. Berselang 30 detik kemudian, Ceccarini malah memberikan penalti untuk Juve lantaran Taribo West dianggap menjatuhkan Del Piero.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : La Repubblica, La Gazzetta dello Sport, Panorama


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X