Rian Sukmawan Tutup Usia

By Anju Christian Silaban - Minggu, 28 Februari 2016 | 10:56 WIB
Mantan pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Rian Sukmawan.
dok. badmintonindonesia.org
Mantan pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Rian Sukmawan.

Kabar duka menerpa dunia bulu tangkis Tanah Air. Pebulu tangkis spesialis ganda, Rian Sukmawan, meninggal dunia, Sabtu (27/2/2016) malam. 

Kabar mengejutkan ini datang dari Semarang, tempat Rian terakhir bermain bulu tangkis. Bersama beberapa rekannya, Rian bertolak ke Semarang pada Sabtu siang untuk melakoni laga ekshibisi.

Menurut keterangan yang didapat www.pbdjarum.org dari pasangan bermain Rian, Rendra Wijaya, rekannya mengeluh kelelahan seusai bertanding.

"Habis main, (dia) keluar (dari hall) bilang capek, tiba-tiba ada yang memberi kabar bahwa Rian tidak bisa dibangunkan. Dibawa ke rumah sakit, Rian sudah enggak ada," ujar atlet yang akrab disapa Kace itu.

Rian yang dikabarkan tak bangun itu sempat dilarikan ke Rumah Sakit Telogorejo, Semarang. Rian akan dimakamkan pada Minggu (28/2/2016) siang ini di kota kelahirannya, Semarang.

Rian lahir di Semarang, 21 November 1985. Pria berperawakan tegap itu sempat merintis asanya untuk menjadi pemain papan atas dunia. Bersama Yonathan, Rian sempat mencicipi berbagai turnamen internasional pada tahun 2006 hingga 2010.

Setelah tak lagi bergabung dalam pelatnas, Rian turun di berbagai arena turnamen internasional dan nasional, seperti Djarum Sirkuit Nasional (Djarum Sirnas) bersama Rendra. Mereka bahkan sempat dijuluki sebagai Raja Sirnas karena begitu banyak gelar yang mereka raih dalam berbagai seri.

Rian pernah bertengger di ranking 14 dunia bersama Yonathan Suryatama Dasuki pada 2010. Pada tahun yang sama, Rian mengundurkan diri dari pelatnas.

Rian tak lagi bermain bulu tangkis untuk kancah internasional sejak 2014 lalu. Ia sempat menjadi pelatih di PB Djarum sebelum akhirnya memutuskan untuk merintis bisnisnya sendiri.

Rian pergi meninggalkan seorang istri, Anna Chamellia, yang dinikahinya pada 2013 silam. Pada tahun yang sama, Rian membawa Musica Champion menjuarai Djarum Superliga 2013.


Editor :
Sumber : kompas.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X