Final Coppa Italia Tak Cukup Bawa Milan ke Antarklub Eropa

By Rabu, 2 Maret 2016 | 18:19 WIB
Alessio Romagnoli merayakan golnya ke gawang Alessandria bersama Cristian Zapata dan Mario Balotelli pada laga semifinal leg II Coppa Italia 2015-2016.
MARCO LUZZANI/GETTY IMAGES
Alessio Romagnoli merayakan golnya ke gawang Alessandria bersama Cristian Zapata dan Mario Balotelli pada laga semifinal leg II Coppa Italia 2015-2016.

AC Milan sukses menapak ke final Coppa Italia untuk kali pertama dalam rentang 13 tahun terakhir. Namun, I Rossoneri tak boleh terlalu larut dalam euforia karena partisipasi di final Coppa Italia 2015-2016 tak akan menggaransi tiket partisipasi Liga Europa musim depan.

Beberapa waktu silam, CEO Milan, berujar bahwa target Milan musim ini adalah meraih kelolosan ke kompetisi Liga Europa 2016-2017.

Coppa Italia adalah salah satu jalan untuk mencapai target tersebut.

"Target tim adalah lolos ke Liga Europa, kami yakin bisa mencapainya dan musim depan menyasar partisipasi di Liga Champion, yang menjadi habitat natural bagi Milan," kata Barbara pada Januari lalu.

Milan kian dekat dengan tujuan tersebut. Usai berturut-turut mengalahkan Perugia (2-0), Crotone (3-1), Sampdoria (2-0), Carpi (2-1), dan Alessandria (1-0; 5-0), I Rossoneri berhak melaju ke partai puncak menanti pemenang duel antara Inter Milan vs Juventus.

Hanya, prestasi di Coppa Italia tak boleh membuat Milan kendor di pentas Serie A. Pasalnya, UEFA kini sudah mengubah regulasi terkait penentuan wakil Italia di kompetisi antarklub Eropa 2016-2017.

[video]http://video.kompas.com/e/4768804133001_ackom_pballball[/video]

Kasus seperti Palermo pada 2010-2011 tak akan lagi terulang. Kala itu, Palermo berhak mendapatkan tiket partisipasi ke Liga Europa meski berada di posisi kedelapan Serie A dan kalah 1-3 dari Inter Milan di partai puncak Coppa Italia.

Karena jawara Coppa Italia 2010-2011, Inter, sudah meraih kelolosan ke kompetisi Eropa via jalur klasemen liga, maka Palermo berhak menjadi salah satu wakil Italia di Liga Europa.

Cerita berbeda akan dialami Milan apabila mereka kalah dari Juventus atau Inter di final Coppa Italia 2015-2016.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Calciomercato


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X