Sistem Kualifikasi Baru Resmi Digunakan Sejak GP Australia

By Minggu, 6 Maret 2016 | 08:03 WIB
Deretan mobil Formula 1 berada di luar pitlane setelah ditundanya sesi kualifikasi GP Australia di Sirkuit Melbourne (17/3/2013).
MARK THOMPSON/GETTY IMAGES
Deretan mobil Formula 1 berada di luar pitlane setelah ditundanya sesi kualifikasi GP Australia di Sirkuit Melbourne (17/3/2013).

FIA telah memutuskan untuk menerapkan sistem kualifikasi baru Formula 1 sejak kualifikasi balapan seri pembuka di GP Australia (19/3/2016).

Pada format baru, kualifikasi akan tetap berlangsung selama tiga sesi, sama seperti sistem yang sudah digunakan sejak musim balap 2006 hingga 2015.

Hal membedakan adalah pada tiap sesi terdapat periode waktu eliminasi. Para pebalap yang memiliki catatan waktu terlambat akan langsung tereliminasi sebelum sesi berakhir.

Keputusan untuk mengubah format kualifikasi ini sempat berjalan alot. Format baru awalnya telah disepakati secara mutlak oleh Komisi F1 saat pertemuan di Jenewa, Swiss, Selasa (23/2/2016).

Akan tetapi, beberapa hari kemudian, CEO F1 Bernie Ecclestone, memutuskan untuk menunda sistem eliminasi karena ketidaksiapan peralatan hingga balapan seri kelima di Sirkuit Bercelona-de Catalunya, Spanyol pada 13-15 Mei.

Para pebalap juga sempat menyuarakan ketidaksukaan pada sistem kualifikasi baru tersebut melalui pertemuan dengan Direktur Balapan F1, Charlie Whiting, Rabu (2/3/2016).

Pada akhirnya, FIA meresmikan sistemu kualifikasi baru ini pada Jumat (4/3/2016).

Berikut format baru sesi kualifikasi F1 yang berpotensi akan digunakan pada musim balap 2016.

Q1
- Berlangsung selama 16 menit.
- Setelah tujuh menit, pebalap dengan catatan waktu paling lambat akan tereliminasi.
- Tiap satu menit 30 detik berikutnya, para pebalap yang memiliki catatan waktu paling lambat akan tereliminasi sampai bendera finis (chequered flag) dikibarkan.
- Sebanyak tujuh dari 22 pebalap akan terelminasi, sementara 15 pebalap yang tersisa akan melanjutkan ke sesi kualifikasi kedua.

Q2
- Berlangsung selama 15 menit.
- Setelah enam menit, pebalap dengan catatan waktu paling lambat akan tereliminasi.
- Tiap satu menit 30 detik berikutnya, para pebalap yang memiliki catatan waktu paling lambat akan tereliminasi sampai bendera finis dikibarkan.
- Sebanyak tujuh dari 15 pebalap akan terelminasi, sementara 8 pebalap yang tersisa akan melanjutkan ke sesi kualifikasi ketiga.

Q3
- Berlangsung selama 14 menit.
- Setelah lima menit, pebalap dengan catatan waktu paling lambat akan tereliminasi.
- Tiap satu menit 30 detik berikutnya, para pebalap yang memiliki catatan waktu paling lambat akan tereliminasi sampai bendera finis (chequered flag) dikibarkan.
- Pada waktu satu menit 30 detik terakhir, dua pebalap yang tersisa itulah yang akan memperebutkan pole.

Hal tersebut juga memberikan perpanjangan tenggat waktu untuk Komisi F1 guna melengkapi regulasi balapan dan teknis musim 2017 hingga 30 April mendatang.

Selain itu, disepakati pula regulasi kerangka mobil untuk musim balap 2017 setelah pada simulasi awal mengindikasikan adanya peningkatan kecepatan dengan kerangka baru sekitar 4-5 detik.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Formula1.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X