Piala Bhayangkara dan Kemudahan Izin Keramaian untuk Turnamen ISC

By Andrew Sihombing (BOLA) - Rabu, 9 Maret 2016 | 07:26 WIB
Panitia pelaksana Piala Bhayangkara melakukan pembagian grup di Hotel Crown Plaza Jakarta, Senin (7/3/2016).
ANJU CHRISTIAN/KOMPAS.com
Panitia pelaksana Piala Bhayangkara melakukan pembagian grup di Hotel Crown Plaza Jakarta, Senin (7/3/2016).

 Diakui atau tidak, Kepolisian RI memainkan peran sentral dalam kisruh sepak bola Tanah Air. Sejalan dengan permintaan dari Kemenpora, sudah sejak tahun lalu pihak Polri tidak menerbitkan izin keramaian untuk pertandingan sepak bola yang digelar PSSI.

Berkali-kali upaya PSSI mendekati Polri terkait penerbitan izin keramaian ini menemui jalan buntu. Namun, belakangan hubungan kedua pihak sepertinya mulai harmonis.

Penyebabnya tak lain pergelaran Torabika Bhayangkara Cup 2016. Turnamen yang digagas Polri untuk memeriahkan Hari Bhayangkara ke-70 ini menunjuk perusahaan pengganti PT Liga, yakni PT Gelora Trisula Semesta (GTS), sebagai operatornya.

Penunjukan ini tak pelak memunculkan anggapan bahwa Indonesia Soccer Championship, turnamen yang rencananya digelar oleh PT GTS selepas Piala Bhayangkara, akan mudah mendapat izin keramaian dari Polri.

Menanggapi hal ini, Ketua Organizing Committe Torabika Bhayangkara Cup 2016 yang juga Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri, Condro Kirono, menyebut ada syarat yang mesti dipenuhi untuk dikeluarkannya izin keramaian pertandingan sepak bola.

"Siapa pun penyelenggaranya, kalau pertandingan sepak bola bisa dipastikan tanpa pengaturan skor serta tidak ada potensi-potensi perkelahian dan sebagainya, pasti akan kita berikan izin. tentunya kalau semua pihak bertanggung jawab dan sama-sama ingin memajukan sepak bola, yang ujung-ujungnya tentulah prestasi, otomatis tidak ada alasan kita menghambat," kata dia saat ditemui dalam konferensi pers Torabika Bhayangkara Cup 2016 di Hotel Crowne Plaza Jakarta, Senin (7/3/2016).

"Kita justru akan mendorong agar outcome-nya adalah sepak bola yang membanggakan," kata pria berpangkat Irjen ini.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X