'Cruyff Turn', Peninggalan Abadi Johan Cruyff

By Ferril Dennys Sitorus - Kamis, 24 Maret 2016 | 21:32 WIB
Bintang legendaris Belanda, Johan Cruyff, berpose dalam acara
OLAF KRAAK/AFP
Bintang legendaris Belanda, Johan Cruyff, berpose dalam acara

Legenda sepak bola Belanda, Johan Cruyff, meninggal pada usia 68 tahun pada Kamis (24/3/2016).

Dia meninggal karena penyakit paru-paru yang dideritanya. Cruyff pun "pergi" tanpa melihat Belanda menjuarai Piala Dunia, tetapi memiliki warisan abadi untuk sepak bola.

Selama pagelaran Piala Dunia, Belanda sudah 3 kali lolos ke final tetapi selalu gagal pada partai puncak. Terakhir, Belanda lolos ke final pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Cruyff pernah merasakan atmosfer final Piala Dunia yakni pada Piala Dunia 1974. Saat itu, Cruyff menjadi motor yang membawa Belanda lolos ke final. Namun, Cruyff harus menerima kenyataan bahwa Jerman Barat yang menjadi tuan rumah lebih unggul.

Impian Cruyff untuk mengangkat piala sirna setelah Paul Breitner dan Gerd Mueller menjebol gawang Belanda sehingga mereka takluk 1-2 di final

Terlepas dari itu, pada Piala Dunia 1974 itu Cruyff mewarisi sebuah aksi nan fenomenal yang kemudian dikenal dengan sebutan Cruyff Turn.

Cruyff Turn adalah trik melewati lawan. Saat itu, dia memamerkannya pada pertandingan melawan Swedia.

Trik tersebut sampai saat ini masih terpelihara setelah beberapa pemain menggunakan trik yang sama saat berada di lapangan. Selamat Jalan Johan Cruyff...



Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : juara.net


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X