Saat Cruyff Hadapi PSSI Utama dan Galatama Selection

By Minggu, 27 Maret 2016 | 07:47 WIB
Foto ini diambil pada 1 Agustus 1974. Johan Cruyff (kiri) sedang berlaga bersama Barcelona di Stadion Camp Nou.
STF/AFP FILES/AFP
Foto ini diambil pada 1 Agustus 1974. Johan Cruyff (kiri) sedang berlaga bersama Barcelona di Stadion Camp Nou.

Johan Cruyff sempat menjalani dua laga persahabatan pada 1980 di Jakarta bersama klub Amerika Serikat, Washington Diplomats,.

Berdasar arsip Harian KOMPAS, skuad Washington Diplomats tiba di Jakarta pada Senin (17/11/1980). Saat itu, Cruff dkk tengah menjalani tur ke wilayah Asia dengan menyambangi Hongkong, Jepang, dan Indonesia.

Diplomats dijadwalkan melakoni dua laga uji coba. Rabu (19/11/1980), klub asal Amerika Serikat itu akan ditantang PSSI Utama. Dua hari berselang, giliran tim gabung klub-klub profesional, Galatama Selection, yang dihadapi Cruyff dkk.

Selasa (18/11/1980), Diplomats dijadwalkan melakukan uji coba lapangan sekaligus latihan di Stadion Utama Senayan - sekarang Gelora Bung Karno. Namun, lantaran cuaca tak mendukung, latihan dibatalkan.

Bukan hanya lapangan yang terserang genangan cukup tinggi hingga ke seluruh sudutnya. Namun, seluruh tempat duduk di tribune bawah juga basah. Mereka pun langsung bertanding pada keesokan harinya.

Di hadapan sekitar 80.000 penonton yang memadati Stadion Utama Senayan, Diplomats menang 2-0 atas PSSI Utama berkat gol Mario Luna dan Thomas Ronjin.

"Pemain-pemain Anda bagus. Teknik mereka rata-rata lumayan. Tetapi, mereka tidak memanfaatkan sebaik-baiknya dalam pertandingan," ucap Cruyff seperti dilansir dari Harian Kompas, Kamis (20/11/1980).

"Dalam membangun serangan, mereka baru tampak berhasil sampai dua pertiga lapangan," kata pemain yang baru bergabung dari Los Angeles Aztecs pada 1980 itu.

Pelatih PSSI Utama, Harry Tjong, juga membeberkan alasan kekalahan timnya. "Pemain tidak jalankan instruksi," ujar dia.

 


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Harian Kompas


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X