Barcelona Vs Real Madrid: Kali Ini Tanpa Skor Telak

By Sabtu, 2 April 2016 | 17:00 WIB
Penyerang sayap Real Madrid, Gareth Bale (tengah), menggiring bola sambil dikelilingi pemain Barcelona dalam duel el clasico di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, 21 November 2015.
DENIS DOYLE/GETTY IMAGES
Penyerang sayap Real Madrid, Gareth Bale (tengah), menggiring bola sambil dikelilingi pemain Barcelona dalam duel el clasico di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, 21 November 2015.

Beberapa hari menjelang pementasan el clasico antara FC Barcelona kontra Real Madrid di Camp Nou, Sabtu (2/4/2016), media Spanyol ramai memberitakan komposisi starting XI yang akan diterjunkan pelatih El Real, Zinedine Zidane. Secara mengejutkan, tak ada nama Isco maupun James Rodriguez di dalamnya.

Penulis: Sapto Haryo Rajasa

Disebut mengejutkan karena Isco maupun James merupakan perlambang dari skema ofensif yang selama ini dipraktikkan Real Madrid.

Sebagai pemain bertipe free role, keduanya biasa bergerak bebas ke segala penjuru lapangan sehingga menciptakan lebih banyak peluang bagi trisula Gareth Bale, Karim Benzema, dan Cristiano Ronaldo (BBC).

Yang menjadi permasalahan, baik Isco maupun James tengah mengalami dekadensi kualitas yang cukup parah.

Satu-satunya elemen yang mengalami grafik stabil cuma di sektor persentase operan sukses yang sama-sama berada di kisaran 87-88 persen.

Selebihnya, praktis menurun drastis. Baik dari sisi jumlah operan yang dilepaskan, operan kunci, assist, penciptaan peluang, gol, total maupun akurasi tembakan, melewati lawan, hingga jumlah pelanggaran terhadap mereka.

Penurunannya hampir setengah dari statistik di musim lalu.

Karena itu, wajar apabila alih-alih menyertakan salah satu dari mereka, Zidane justru mendorong masuk Casemiro.


Pemain Real Madrid, James Rodriguez dan Isco (ketiga dari kiri) merayakan gol Isco melawan Cadiz CF dalam pertandingan Copa del Rey di Stadion Ramon de Carranza, 2 Desember 2015. (CRISTINA QUICLER/AFP )


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.660


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X