Tersangkut Panama Papers, Damiani Mundur dari Komite Etik FIFA

By Nugyasa Laksamana - Kamis, 7 April 2016 | 00:16 WIB
Anggota Komite Etik Independen FIFA, Juan Pedro Damiani, mengundurkan diri setelah namanya tercantum dalam Panama Papers.
tenfield.com.uy
Anggota Komite Etik Independen FIFA, Juan Pedro Damiani, mengundurkan diri setelah namanya tercantum dalam Panama Papers.

Juan Pedro Damiani resmi mengundurkan diri dari Komite Etik Independen FIFA setelah namanya tercantum dalam Panama Papers, yakni dokumen yang membeberkan sejumlah skandal keuangan dan pajak.

"Kami mengonfirmasi bahwa Damiani telah mengundurkan diri dari posisinya sebagai anggota Komite Etik Independen FIFA," ujar Marc Tenbuecken selaku juru bicara FIFA, seperti dikutip dari AFP, Rabu (6/4/2016).

Damiani merupakan anggota Komite Etik FIFA yang memiliki andil dalam menjatuhan sanksi kepada sejumlah petinggi FIFA karena kasus suap.

Salah satu keputusan besar yang melibatkannya adalah kala FIFA menjatuhkan sanksi untuk mantan presiden, Sepp Blatter. Dia juga menjabat sebagai presiden klub Uruguay, Atletico Penarol.

Dokumen Panama Papers menyebutkan, Damiani melakukan bisnis dengan tiga orang yang sebelumnya tersangkut skandal korupsi terkait sepak bola.

Salah satu rekan bisnis Damiani adalah Eugenio Figueredo, mantan wakil presiden Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) yang menjadi tersangka pencucian uang dan skandal suap.

Damiani dan biro hukumnya bekerja untuk tujuh perusahaan yang berhubungan dengan Figueredo.

Dari catatan yang sama juga diketahui bahwa biro hukum Damiani menjadi perantara untuk sebuah perusahaan asal Nevada, Amerika Serikat. Perusahaan tersebut memiliki keterkaitan dengan Hugo dan Mariano Jinkis.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : afp


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X