Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Euro 1980: Lahirnya Generasi Baru Jerman

By Senin, 11 April 2016 | 18:44 WIB
Bek tim nasional Jerman Barat, Manny Kaltz, mengangkat trofi Piala Eropa usai mengalahkan Belgia di laga final Euro 1980 di Roma, 12 Juni 1980.
ALLSPORT UK
Bek tim nasional Jerman Barat, Manny Kaltz, mengangkat trofi Piala Eropa usai mengalahkan Belgia di laga final Euro 1980 di Roma, 12 Juni 1980.

Piala Eropa 1980 tercatat sebagai turnamen pertama yang menggunakan sistem penyisihan grup dan diikuti delapan tim. Ketika turnamen ini disebut tak mampu menarik antusiasme penonton, sepak bola Jerman mencuat.

Penulis: Wieta Rachmatia

Minimnya jumlah penonton bukan satu-satunya masalah yang muncul selama digelarnya putaran final Euro Italia 1980. Ulah para hooligans pada duel antara Inggris kontra Belgia juga sempat menjadi sorotan.

Tak hanya itu, Euro 1980 juga dikenal sebagai salah satu turnamen paling membosankan karena hampir seluruh tim mengusung strategi bertahan.

Total hanya 27 gol tercipta dalam 14 pertandingan. Rataan gol turnamen ini hanya 1,93 per partai.

Mengingat jumlah peserta yang bertambah menjadi delapan tim, sistem yang digunakan pun mengalami perubahan.

Pada babak pertama, delapan tim dibagi ke dalam dua grup. Di Grup A, Jerman Barat berhasil menempati posisi pertama dengan menorehkan dua kemenangan, plus satu hasil imbang.


Tim Jerman Barat menjelang laga melawan Belgia di final Euro 1980 di Roma, 22 Juni 1980. Berdiri dari (kiri-kanan): Ulrich Stielike, Harald Schumacher, Hans-Peter Briegel, Karl-Heinz Rummenigge, Karl-Heinz Förster, Horst Hrubesch. Jongkok (kiri-kanan): Klaus Allofs, Bernd Schuster, Bernard Dietz, Manfred Kaltz, Hansi Muller(AFP)

Sebagai catatan, Jerman Barat merupakan salah satu tim yang tetap menyuguhkan permainan atraktif sekaligus efektif. Mereka mampu mencetak empat gol sepanjang fase grup.

Belgia yang diperkuat rising star macam Eric Gerets dan Erwin Vanderbergh, berhasil mematahkan prediksi dengan menjadi juara Grup B.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.661


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X