Laga Kandang Real Madrid, Kendali Awal demi Gol Cepat

By Sabtu, 16 April 2016 | 14:55 WIB
Selebrasi Cristiano Ronaldo dengan Karim Benzema setelah mencetak gol dalam laga Liga Champions antara Real Madrid CF dan Malmo FF di Santiago Bernabeu Stadium tanggal 8 Desember 2015 di Madrid, Spanyol.
DENIS DOYLE/GETTY IMAGES
Selebrasi Cristiano Ronaldo dengan Karim Benzema setelah mencetak gol dalam laga Liga Champions antara Real Madrid CF dan Malmo FF di Santiago Bernabeu Stadium tanggal 8 Desember 2015 di Madrid, Spanyol.

Medio pekan lalu genap 100 hari Zinedine Zidane berada di balik komando Real Madrid Jika mengambil sisi terbaik dari kinerja singkat Zizou, rasanya kemenangan 2-1 atas FC Barcelona di Camp Nou menjadi prestasi terbaik sang entrenador.

Penulis : Sapto Haryo Rajasa

Dalam sejarah panjang Real Madrid, yang telah berdiri sejak 1902, hanya ada tiga pelatih yang mampu memenangi debut el clasico di rumah Barca.

Tentu Zizou mengantongi kualitas eksepsional untuk bisa berada dalam tim elite ini, bersama Carlos Queiroz dan Bernd Schuster. Well, bukan itu saja kelebihan Zidane.

Sejak mengambil alih tongkat estafet dari Rafael Benitez di awal Januari kemarin, mantan pangeran Les Bleus ini juga mampu mencatatkan prestasi mewah lainnya: mengasah ketajaman tombak Los Merengues di Bernabeu.

Dalam delapan jornada kandang sejak pertama kali dipimpin Zidane, Madrid sukses mencetak 35 gol. Jumlah ini setara dengan 4,37 gol di setiap partainya.

43 - Koleksi poin Real Madrid dari 17 laga kandang musim ini. Jumlah itu terbanyak di La Liga bersama Barcelona.

 

Tak cuma itu, rekor kebobolan Keylor Navas dalam rentang ini pun hanya lima gol, alias 0,62 gol kemasukan per laga.

Kemenangan-kemenangan besar Madrid meliputi skor 5-0 melawan Deportivo La Coruna, 5-1 (Sporting Gijon), 6-0 (Espanyol), 4-2 (Athletic Bilbao), 7-1 (Celta Vigo), 4-0 (Sevilla), dan 4-0 (Eibar).

Satu laga berakhir dengan kekalahan 0-1 dalam el derbi Madrileno kontra Atletico Madrid.


Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, memeluk Cristiano Ronaldo dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions di markas Roma, Rabu (17/2/2016).(PAOLO BRUNO/GETTY IMAGES)

“Saya selalu meyakini bahwa untuk memenangi laga di kandang, kami harus langsung memegang kendali sejak menit pertama. Kami harus melakoni intensitas tinggi sejak sepak mula. Ini akan menciptakan peluang dan akan memperbesar kans datangnya gol,” ujar Zidane di situs resmi klub.

Madrid memang superior di kandang. Dengan 43 poin dari 17 laga, mereka berada di tangga teratas klasemen kandang.

Meski bernilai sama dengan Barcelona, Cristiano Ronaldo dkk masih unggul dari segi agresivitas gol. Komparasinya bahkan cukup jauh: 64 gol berbanding 55 gol.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA No.2.662


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X