5 Kartini di Sepak Bola

By Kamis, 21 April 2016 | 16:15 WIB
Kiri-kanan: Marina Granovskaia, Barbara Berlusconi, Sian Massey, Carli Lloyd, dan Jacqui Oatley. Lima Kartini di sepak bola versi BOLA.
GETTY IMAGES/TWITTER
Kiri-kanan: Marina Granovskaia, Barbara Berlusconi, Sian Massey, Carli Lloyd, dan Jacqui Oatley. Lima Kartini di sepak bola versi BOLA.

Raden Adjeng Kartini dikenal sebagai pejuang emansipasi perempuan. Dia berperang melawan diskriminasi supaya perempuan Indonesia bisa mendapatkan pendidikan yang layak dan setara seperti pria.

Penulis: Theresia Simanjuntak

Perempuan super seperti Kartini banyak juga ditemukan di sepak bola, olahraga yang identik dengan kaum pria. Status sebagai perempuan tidak menghalangi lima Kartini berikut bisa meraih status penting di sepak bola.


1. MARINA GRANOVSKAIA

Chelsea adalah salah satu klub yang tidak ragu mempekerjakan perempuan. Publik mungkin hanya mengenal eks dokter tim utama, Eva Carneiro.

Namun, ada satu perempuan super yang berada di jajaran petinggi The Blues: Marina Granovskaia.

Tokoh keturunan Rusia ini telah hampir 20 tahun bekerja untuk pemilik Chelsea, Roman Abramovich. Ketika Abramovich membeli Chelsea pada 2003, Granovskaia pindah ke London guna bertugas di Chelsea.

Sejak 2010, tangan kanan Abramovich dalam hal finansial ini bertanggung jawab dalam transaksi pemain.

Granovskaia terbukti cemerlang dalam pekerjaannya. Dia sosok di balik pembelian sejumlah bintang Chelsea macam Diego Costa.

Granovskaia juga bikin keuangan Chelsea menggemuk lantaran sukses menjual David Luiz, Andre Schuerrle, Juan Mata, dan Romelu Lukaku dengan harga tinggi.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.663


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X