7 Pelatih Asing Monopoli Premier League

By Septian Tambunan - Rabu, 27 April 2016 | 12:49 WIB
Pelatih Chelsea, Jose Mourinho (kiri), dan juru taktik Manchester United, Sir Alex Ferguson, bertegur sapa dalam pertandingan Community Shield di Wembley Stadium, London, Inggris, 5 Agustus 2007.
CARL DE SOUZA/AFP
Pelatih Chelsea, Jose Mourinho (kiri), dan juru taktik Manchester United, Sir Alex Ferguson, bertegur sapa dalam pertandingan Community Shield di Wembley Stadium, London, Inggris, 5 Agustus 2007.

Lima dari 47 klub yang pernah berkompetisi di Premier League telah mencicipi trofi paling prestisius di Negeri Ratu Elizabeth tersebut. Uniknya, hanya ada tujuh pelatih yang memonopoli perebutan gelar.

Sejak kasta tertinggi Liga Inggris berubah nama menjadi Premier League pada 1992, cuma Manchester United (13 gelar), Chelsea (4), Arsenal (3), Manchester City (2), dan Blackburn Rovers (1) yang pernah merasakan manisnya menjadi juara.

Namun, malang bagi publik Inggris karena tidak ada satu pun pelatih lokal mereka yang berhasil mengangkat piala.

Juru taktik asal Inggris terakhir yang sukses menggenggam gelar juara divisi teratas adalah Howard Wilkinson.

Dia mengantar Leeds United (1992) keluar sebagai jawara tepat sebelum munculnya era Premier League.

Selain Wilkinson, Inggris pernah mempunyai pelatih hebat dalam diri Bob Paisley dan TomWatson.

Watson menjuarai Liga Inggris sebanyak lima kali dengan Sunderland (1892, 1893, 1895) dan Liverpool (1901, 1906), sementara Paisley menjelma jadi pelatih asal Negeri Ratu Elizabeth dengan gelar Liga Inggris terbanyak, yakni enam titel bersama Liverpool (1976, 1977, 1979, 1980, 1982, 1983).

Lalu, siapa tujuh pelatih asing yang menguasai era Premier League?

7. Kenny Dalglish (Skotlandia)


Pelatih Blackburn Rovers, Kenny Dalglish (tengah), memegang trofi Premier League di Anfield, Liverpool, 9 Agustus 2003.(PHIL COLE/GETTY IMAGES)

Dalglish merupakan penyerang legendaris Liverpool dalam edisi 1977-1990. Dia mengantarkan The Reds enam kali meraih trofi Liga Inggris.

Tidak heran ketika dipercaya sebagai peracik strategi Liverpool, dia mampu mempersembahkan tiga gelar Liga Inggris.

Namun, Dalglish menggemparkan dunia sepak bola setelah secara mengejutkan membawa Blackburn Rovers memenangi Premier League 1995, setelah terakhir kali juara pada 81 tahun silam.

Blackburn, yang saat itu dikapteni oleh Tim Sherwood memuncaki klasemen dengan koleksi 89 poin. Mereka juga mencatatkan produktivitas terbaik dengan gelontoran 80 gol.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X