Pakai Pomade, Ritual Maman Abdurrahman Sebelum Laga

By Segaf Abdullah - Rabu, 27 April 2016 | 21:35 WIB
Bek senior Persija, Maman Abdurahman, selalu menggunakan pomade untuk menunjang penampilannya dalam mengawal lini belakang Persija Jakarta.
SUCI RAHAYU/JUARA.NET
Bek senior Persija, Maman Abdurahman, selalu menggunakan pomade untuk menunjang penampilannya dalam mengawal lini belakang Persija Jakarta.

Bek senior Persija Jakarta, Maman Abdurrahman, ternyata tipe pemain yang cukup memperhatikan penampilan. Sebelum bertanding, palang pintu tim berjulukan Macan Kemayoran itu pasti membawa parfum dan pomade.

Diakui Maman Abdurrahman, penampilan fisik menjadi salah satu cara untuk menunjang rasa percaya diri. Bagi para pesepak bola khususnya, hal itu tentu membantu mereka untuk tampil optimal di atas lapangan.

"Ya, sebelum bertanding, saya memang selalu memakai pomade dan parfum. Selain itu, saya juga membawa sabun muka untuk dipakai saat mandi usai pertandingan," kata Maman, selepas sesi latihan terakhir Persija sebelum berangkat ke Jayapura, Selasa (27/4/2016).

Maman mengakui bahwa urusan di luar teknis sepak bola turut mempengaruhi performanya saat bertanding. Bagi eks bek Persita Tangerang itu, kerapian dalam berpenampilan itu penting untuk menunjang kepercayaan dirinya dalam menghuni lini belakang Persija.

Baca juga:

"Tidak terlihat oke pastinya, ketika rambut kita berantakan saat beraksi di lapangan. Ya, itulah sisi nonteknis yang sebenarnya cukup mempengaruhi tingkat kepercayaan diri kita," ucapnya.

Selain itu, Maman juga memberikan sedikit pesan moralnya. Bek berusia 33 tahun itu mengatakan, walaupun seseorang merasa dirinya tidak menarik, namun jika mereka mampu berpenampilan rapi, niscaya akan lebih menarik untuk dilihat.

"Meskipun kita tidak ganteng-ganteng amat, tetapi jika kita mampu berpenampilan rapi, pasti akan lebih enak untuk dilihat. Maka dari itu, saya lebih percaya diri dengan rambut pendek seperti sekarang. Saya tidak terkesan berandalan," ujar bek bertinggi badan 174 sentimenter itu.

Persija akan melakoni laga perdananya dalam Kejuaraan Sepak Bola Torabika (TSC) menghadapi Persipura Jayapura di Stadion Mandala, Jayapura, Jumat (29/4/2016). Pada pertandingan pembuka TSC tersebut, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, dijadwalkan bakal hadir.


Editor : Estu Santoso
Sumber : juara


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X