Kisah Pep Guardiola Melawan Klub Spanyol di Liga Champions

By Senin, 2 Mei 2016 | 11:56 WIB
Thomas Mueller, dalam laga Bundesliga antara Borussia Dortmund kontra Bayern Muenchen di Signal Iduna Park pada 5 Maret 2016.
CHRISTOF KOEPSEL/GETTY IMAGES
Thomas Mueller, dalam laga Bundesliga antara Borussia Dortmund kontra Bayern Muenchen di Signal Iduna Park pada 5 Maret 2016.

Untuk ketiga kali secara beruntun, Bayern Muenchen tak hanya harus berhadapan dengan wakil La Liga, tetapi juga berada dalam posisi tertinggal ketika hendak melakoni leg 2 semifinal Liga Champions.

Penulis: Sapto Haryo Rajasa

Sejauh ini, sejarah tak berpihak pada Muenchen. Di dua semifinal sebelumnya, Muenchen disingkirkan oleh Real Madrid lewat skor agregat 0-5 dan dilengserkan FC Barcelona melalui hasil agregat 3-5.

Seolah sebuah bukti bahwa Pep Guardiola masih belum memiliki solusi alternatif di luar skema tiki-taka yang selama ini ia praktikkan. Muenchen memang selalu dominan, tetapi kalah dalam hasil akhir.

Kekalahan 0-1 di leg 1 saat bertamu ke Vicente Calderon adalah bukti terkini perihal sulitnya Pep membongkar barikade pertahanan rapat seperti yang diperlihatkan Atletico Madrid.

Segala bentuk keunggulan, dimulai dari ball possession (69%- 31%), total tembakan (19-11), tembakan akurat (7-5), passing (729-209), menjadi nirmakna karena skor akhir tak berpihak kepada Die Roten.

“Saya tidak suka dengan cara kami bermain di pertemuan pertama. Terlalu banyak pelanggaran dan ruang yang kami berikan pada saat Atletico menyerang. Kami harus memainkan laga dengan kecepatan yang berbeda pada leg 2,” kata Pep di situs resmi UEFA.

Di Calderon, Arturo Vidal dkk. memang tak mampu memainkan sepak bola cepat seperti biasanya.

Pep menuduh kubu Atletico sengaja tak menyiram lapangan sebelum kick-off agar aliran bola pemain Muenchen lebih lambat.

Alur bola yang lebih lambat condong menguntungkan tim dengan gaya defensif. Para pemain belakang jadi punya waktu ekstra untuk mundur guna menggalang pertahanan.

Bola yang seharusnya bisa sampai lebih cepat di kaki penyerang, jadi sedikit melambat. Begitu pula dengan timing pada saat menyepak bola. Perbedaan permukan rumput akan menghasilkan arah dan akurasi yang berbeda pula.

“Kita memang hanya berbicara sepersekian detik. Namun, dalam level sepak bola setingkat semifinal Liga Champion, yang menurut saya ajang tersulit di muka bumi, perbedaan kecil bisa sangat berpengaruh,” ungkap Diego Forlan, eks kapten Uruguay yang juga mantan bomber Atleti.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : BOLA Sabtu No.26


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X