PSSI Tak Beku Lagi, Eks Tandem Bepe Kejar Lisensi Pelatih B AFC

By Gatot Susetyo - Kamis, 12 Mei 2016 | 11:55 WIB
Pelatih PSBI, Purwanto Suwondo tersenyum usai timnya menang atas Martapura FC di Stadion Gelora Penataran, Kabupaten Blitar, Sabtu (7/5/2016).
GATOT SUSETYO/BOLA/JUARA.NET
Pelatih PSBI, Purwanto Suwondo tersenyum usai timnya menang atas Martapura FC di Stadion Gelora Penataran, Kabupaten Blitar, Sabtu (7/5/2016).

BLITAR, JUARA.net – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi sudah mencabut pembekuan PSSI. Pelatih PSBI Kabupaten Blitar, Purwanto Suwondo pun siap mengejar lisensi B AFC.  

Pelatih PSBI ini menilai, kebijakan menpora ini membuka peluang bagi dirinya untuk meningkatkan lisensi kepelatihan. Maklum, mantan striker timnas U-19 dan U-23 Indonesia itu kini mulai alih profesi sebagai pelatih profesional.

Pria yang berusia 36 tahun itu menyadari bahwa lisensi sangat penting bagi jenjang kariernya. Saat ini, mantan tandem Bambang Pamungkas sebagai jurugedor di timnas U-23 dan Persija Jakarta ini memiliki lisensi C AFC.

”Saya beruntung beberapa bulan sebelum PSSI dibekukan menpora, dapat lisensi C AFC. Jadi sesuai regulasi, sertifikat itu bisa dipakai melatih klub Divisi Utama,” kata Purwanto.

Baca juga:

”Namun ketika saya ingin ikut kursus B AFC, tiba-tiba sepak bola kita kisruh. Sekarang, saya punya harapan ikut kursus lisensi B AFC lagi,” tuturnya.

Sebagai pelatih debutan, Purwanto mengaku harus belajar banyak soal teknik melatih tim. Meski masih muda, pelatih asli Lampung ini ingin memanfaatkan waktunya untuk menimba ilmu melatih.

”Cara satu-satunya agar ilmu bertambah harus ikut kursus. Lisensi juga sangat penting. Kalau ilmu kita mumpuni, tetapi tak punya lisensi akhirnya tak bisa melatih tim. Saya sudah siapkan tabungan untuk kursus lisensi B AFC,” ucap Purwanto.

[video]http://players.brightcove.net/4386485688001/5f5050ba-12eb-4380-b837-257aded67fbc_default/index.html?videoId=4888598370001&preload=none[/video]


Editor : Estu Santoso
Sumber : juara


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X