Pasca-Pencabutan Sanksi, Ini 4 Langkah Mengembalikan Sepak Bola Indonesia ke Jalur Tepat

By Jumat, 13 Mei 2016 | 23:50 WIB
Menpora Imam Nahrowi mendukung penuh pelaksanaan ISC 2016.
GONANG SUSATYO/JUARA.NET
Menpora Imam Nahrowi mendukung penuh pelaksanaan ISC 2016.

Masa kelam sepak bola nasional mulai sirna saat SK pembekuan PSSI sudah tak berlaku sejak Selasa, 10 Mei. FIFA pun mencabut sanksi terhadap Indonesia pada Jumat, 13 Mei. Namun, pekerjaan rumah untuk membangkitkan kembali sepak bola Indonesia telah menumpuk.

Penulis: Kukuh Wahyudi

Kisruh yang terjadi selama ini dilandaskan dengan kampanye perbaikan tata kelola nyatanya belum membuahkan warisan.

Baca Juga:

Sampai pekan ini, belum ada pelaku match fixing yang tertangkap dan contoh kompetisi ideal yang diinginkan Kemenpora pun tak kunjung bergulir.

Faktanya, sepak bola Tanah Air sudah telanjur babak belur akibat kekisruhan.

Setelah berdiskusi dengan berbagai pelaku sepak bola Tanah Air, BOLA mencoba memberikan tahapan-tahapan agar sepak bola Indonesia kembali ke jalur yang semestinya.

1. PSSI dan Pemerintah Harus Bersinergi

Dalam rangka membangun sepak bola nasional ke arah yang lebih baik, harus ada sinergi antara federasi sepak bola Indonesia (PSSI) dengan pemerintah.

Seharusnya membangun sepak bola tidak hanya di tangan PSSI saja, tetapi pemerintah juga wajib terlibat. Namun, keterlibatan itu harus sesuai porsinya masing-masing agar tak terjadi konflik lagi.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.666


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X