Catatan Negatif Manajer Inggris di Premier League 2015-2016

By Lariza Oky Adisty - Senin, 16 Mei 2016 | 10:34 WIB
Manajer Sunderland, Sam Allardyce (kanan), berjabat tangan dengan manajer Chelsea, Guus Hiddink, usai pertandingan Premier League 2015-2016 di Stadium of Light, Sunderland, Inggris, pada Sabtu (7/5/2016).
GARETH COPLEY/GETTY IMAGES
Manajer Sunderland, Sam Allardyce (kanan), berjabat tangan dengan manajer Chelsea, Guus Hiddink, usai pertandingan Premier League 2015-2016 di Stadium of Light, Sunderland, Inggris, pada Sabtu (7/5/2016).

Premier League musim 2015-2016 menyisakan catatan buruk dari kubu manajer asal Inggris. Sampai akhir musim, hanya ada tiga manajer tuan rumah yang bertahan di klub masing-masing.

Tiga nama tersebut adalah Alan Pardew (Crystal Palace), Eddie Howe (Bournemouth), dan Sam Allardyce (Sunderland). Pencapaian ketiga klub tersebut pun tidak istimewa.

Crystal Palace, Bournemouth, dan Sunderland masing-masing hanya menempati urutan ke-15, 16 dan 17 di klasemen akhir Premier League.

Selain itu, jumlah manajer asli Inggris yang didepak dari jabatan mereka juga cukup banyak, yaitu lima orang.

Mereka adalah John Carver, Steve McClaren (keduanya dipecat oleh Newcastle United), Nigel Pearson (Leicester City), Garry Monk (Swansea), dan Tim Sherwood (Aston Villa).

Baca Juga:

Bandingkan pada musim 2014-2015. Ketika itu, ada sembilan manajer kelahiran Inggris yang bertahan hingga akhir musim, dan hanya tiga orang yang dipecat.

Minimnya jumlah manajer asli Inggris yang tetap mempertahankan jabatannya sampai akhir musim juga terjadi pada musim 2012-2013.

Ketika itu, hanya Pardew (kala itu masih melatih di Newcastle United), Sam Allardyce (ketika masih melatih West Ham United), dan Nigel Adkins (Reading) yang bertahan sampai pekan terakhir Premier League.

Namun, jumlah manajer Inggris yang meninggalkan kursi mereka kala itu pun hanya tiga, atau masih lebih sedikit ketimbang jumlah yang gagal bertahan pada musim ini.

Berdasar majalah Strike-It, jumlah manajer dari empat kasta liga profesional Inggris yang dipecat sebelum 1 April 2016 mencapai 47 nama. Jumlah itu meningkat 7 manajer dibandingkan musim lalu. 


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X