Pelatih Sevilla Kejar Rekor

By Rabu, 18 Mei 2016 | 19:41 WIB
Pelatih Sevilla, Unai Emery, tengah memberikan instruksi kepada pemainnya saat menghadapi Barcelona di La Liga pada 3 Oktober 2015 di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan.
GONZALO ARROYO MORENO/GETTY IMAGES
Pelatih Sevilla, Unai Emery, tengah memberikan instruksi kepada pemainnya saat menghadapi Barcelona di La Liga pada 3 Oktober 2015 di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan.

Pelatih Sevilla, Unai Emery, berkesempatan menjadi pelatih pertama yang juara Liga Europa tiga kali beruntun sekaligus menyamai pencapaian Giovanni Trapattoni. 

Trapattoni merupakan pelatih dengan koleksi gelar Liga Europa - dulu bernama Piala UEFA - terbanyak sejauh ini. Mantan pelatih Juventus dan Inter Milan itu melakukannya pada 1977, 1991, dan 1993.

Emery punya kesempatan menyamai catatan emas Trapattoni itu. Bersama Emery, Sevilla sukses merajai Liga Europa dalam dua musim terakhir. Dia pun bertekad untuk mempersembahkan trofi ketiga secara berurutan sekaligus mencetak sejarah.

"Kami memiliki keuntungan karena kami adalah sang juara bertahan, telah memenangi gelar, dan kali ini berkesempatan mencetak sejarah," ujar Emery seperti dilansir Express, Selasa (17/5/2016).

Sejauh ini, belum ada satu pun pelatih yang sukses mengantarkan timnya juara tiga kali beruntun di ajang kompetisi antarklub Eropa, baik Liga Europa maupun Liga Champions.

Luis Molowny yang sukses dua kali juara bersama Real Madrid pada 1985 dan 1986, lengser pada akhir musim 1985-1986.

Pendahulu Emery di Sevilla, Juande Ramos yang mengantarkan tim juara pada 2006 dan 2007, memilih gabung dengan Tottenham Hotspur pada awal musim 2007-2008.

Kesempatan langka itu didapatkan Emery musim ini. Malam nanti, pasukan Emery akan menghadapi Liverpool pada final Liga Europa 2015-2016 di Stadion St. Jakob Park, Rabu (18/5/2016) atau Kamis dini hari WIB.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X