'Hat-Trick' Juara Liga Europa, Sevilla Catat Sejarah

By Kamis, 19 Mei 2016 | 03:58 WIB
Penyerang Sevilla, Kevin Gameiro (kiri) merayakan gol yang dicetaknya saat melawan Liverpool dalam final Liga Europa di Stadion St Jacob Park, Basel, Rabu (18/5/2016).
JAVIER SORIANO/AFP
Penyerang Sevilla, Kevin Gameiro (kiri) merayakan gol yang dicetaknya saat melawan Liverpool dalam final Liga Europa di Stadion St Jacob Park, Basel, Rabu (18/5/2016).

Kesuksesan Sevilla mengalahkan Liverpool di final Liga Europa bukan saja mengantar mereka meraih gelar turnamen antar-klub tersebut. Pasukan asuhan Unai Emery itu juga mencatat sejarah istimewa.

Sevilla menjadi tim pertama yang menjuarai Liga Europa-atau yang dulu dikenal sebagai Piala UEFA-selama tiga kali beruntun.

Dalam laga di Stadion St. Jakob Park, Basel, Swiss, Rabu (18/5/2016) tersebut, Sevilla harus berjuang ekstra keras untuk menang. Pasalnya, Liverpool unggul lebih dulu lewat gol Daniel Sturridge pada babak pertama.

Sevilla membalas pada kedua berkat Kevin Gameiro dan dua gol Coke. Tim asal Andalusia, Spanyol tersebut mempertahankan gelar yang diraih pada musim 2013-2014 dan 2014-2015.

Bukan hanya itu, Sevilla juga menegaskan status sebagai klub paling berjaya di Liga Europa.

Total, mereka lima kali mengangkat trofi kompetisi kasta kedua Benua Biru tersebut.

Sebelum hat-trick bersama Unai Emery, Sevilla pernah juara dua musim berturut-turut pada musim 2005-2006 dan 2006-2007. Ketika itu, Sevilla dilatih Juande Ramos.

Dengan kemenangan atas Liverpool, Emery bukan saja melampaui pencapaian Ramos. Dia juga menjadi pelatih pertama yang mengantar timnya menjadi juara di kompetisi antarklub Eropa selama tiga kali berturut-turut.

Emery juga menyamai prestasi pelatih legendaris Italia, Giovanni Trapattoni yang mengoleksi tiga gelar juara Piala UEFA.


Editor : Lariza Oky Adisty
Sumber : kompas.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X