Agustus 2016, Laga Perdana Timnas di Level Internasional Pasca-Pembekuan

By Martinus Bangun - Kamis, 19 Mei 2016 | 21:15 WIB
Para pemain timnas Indonesia saat latihan di SUGBK pada 2014.
ESTU SANTOSO/JUARA.NET
Para pemain timnas Indonesia saat latihan di SUGBK pada 2014.

JAKARTA, JUARA.net – Indonesia sudah terbebas dari sanksi FIFA. Otomatis, tim nasional (timnas) Indonesia kembali berpeluang tampil di kancah internasional. Agenda terdekat skuat Garuda kemungkinan pada Agustus 2016.

Hal itu diutarakan beberapa pengurus teras PSSI, di sela-sela Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Komite X DPR RI, Kamis (19/5).

”Selepas PSSI disanksi FIFA, banyak masyarakat yang bertanya kapan timnas bisa bertanding lagi di level internasional. Untuk yang terdekat sebenarnya Juni, karena pada bulan tersebut ada FIFA Match Day,” ujar Wakil Ketua PSSI, Erwin Dwi Budiawan.

“Mengingat waktunya sudah mepet, timnas baru akan kembali saat kalender FIFA Match Day berikut, Agustus. Mengenai lawannya, belum ditentukan karena kami masih menggelar rapat-rapat lanjutan untuk mempersiapkan kembali timnas kita, termasuk pelatih dan manajemennya,” ujarnya.

“Kami akan umumkan kandidat-kandidat pelatih timnas pada 23 Mei 2016,”

Acting Presiden PSSI, Hinca Panjaitan.

Terkait rencana penampilan timnas di ajang resmi internasional, Toni Apriliani, selaku anggota Komite Eksekutif PSSI, juga punya pendapat hampir sama.

Dia menuturkan bahwa timnas bakal langsung fokus ke Piala AFF 2016, yang fase penyisihan grup akan berlangsung di Filipina dan Myanmar pada akhir tahun ini.

“Sekarang ini, peringkat Indonesia tengah berada di kisaran peringkat 180 rangking FIFA. Kami harus bangkit dan rutin mengikuti ajang-ajang resmi agar peringkat bisa naik kembali, yang terdekat adalah Piala AFF 2016,” ujar Toni.

Menurut penelusuran JUARA, terakhir kali timnas senior tampil di laga internasional kala menjamu Kamerun  (25 Maret 2015) dan Myanmar (30 Maret 2015). Pada laga yang digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, tersebut, timnas takluk 0-1 dari Kamerun.

Sedangkan saat menjamu Myanmar, skuat Garuda menang 2-1 lewat gol-gol Raphael Maitimo (61’) dan Cristian Gonzales (74’). Kedua laga tersebut juga merupakan bagian dari kalender FIFA Match Day.

Baca juga:


Editor : Estu Santoso
Sumber : juara


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X