Rosicky ke Piala Eropa dengan Modal Bermain Hanya 19 Menit

By Rabu, 1 Juni 2016 | 07:02 WIB
Selebrasi Tomas Rosicky usai mencetak gol ketiga Arsenal ke gawang Tottenham Hotspur, 26 Februari 2012.
CLIVE MASON/GETTY IMAGES
Selebrasi Tomas Rosicky usai mencetak gol ketiga Arsenal ke gawang Tottenham Hotspur, 26 Februari 2012.

Menit bermain yang sangat sedikit tak menghalangi Tomas Rosicky masuk skuat Republik Ceska untuk Piala Eropa 2016. Gelandang veteran Arsenal tersebut dipanggil pelatih Pavel Vrba untuk membela negaranya dalam event empat tahunan tersebut, yang mulai bergulir awal Juni.

Masuknya nama Rosicky cukup mengejutkan bila menilik menit bermainnya bersama Arsenal. Sepanjang musim 2015-2016, mantan pemain Borussia Dortmund ini hanya tampil dalam satu pertandingan, bahkan selama 19 menit, untuk klub London itu. Cedera menjadi alasan Rosicky kehilangan kesempatan bermain.

Tampaknya pengalaman dan pengaruh Rosicky masih sangat dibutuhkan. Padahal, pemain yang akan berstatus bebas transfer ketika kontraknya bersama Arsenal habis pada akhir Juni, hanya tampil dalam lima dari total 10 pertandingan kualifikasi Piala Eropa. Dia menjadi kapten saat Republik Ceska menang 6-0 atas Malta dalam laga uji coba pada Jumat (27/5/2016).

Selain Rosicky, rekan setimnya di Arsenal, Petr Cech, juga masuk daftar 23 nama skuat yang dirilis pada Selasa (31/6). Itu artinya, dua pemain tersebut yang paling senior dan berpengalaman dalam pasukan yang dibawa Vrba.

Sementara itu gelandang Sparta Prague, Lukas Marecek, dan striker Bohemians Prague, Patrik Schick, harus rela tersingkir. Dua pemain ini sempat lolos dari ancaman pencoretan daftar sementara ketika Vrba harus memangkas skuatnya dari 28 menjadi 25.

"Para pemain tersebut sudaha tahu sebelum pemusatan latihan," ujar Vrba.

"Mereka tim yang lapar. Banyak orang mungkin tidak memperhitungkan tim kami tetapi saya berharap pada fase grup nanti kami akan memperlihatkan tim yang padu, yang sedang kami bangun saat ini. Saya yakin kami bisa membuat kejutan."

Republik Ceska akan melakoni laga uji coba melawan Rusia di Austria pada 1 Juni dan Korea Selatan di Prague pada 5 Juni, sebelum berangkat ke Prancis untuk melakoni putaran final Piala Eropa. Rosicky dkk tergabung di Grup D bersama sang juara bertahan, Spanyol, serta Kroasia dan Turki. Laga perdana akan dimainkan pada 13 Juni melawan Spanyol.

Daftar skuat Republik Ceska untuk Piala Eropa 2016:

Goalkeepers: Petr Cech (Arsenal), Tomas Vaclik (Basel), Tomas Koubek (Slovan Liberec, on loan from Sparta Prague).

Defenders: Theodor Gebre Selassie (Werder Bremen), Roman Hubnik (Viktoria Plzen), Pavel Kaderabek (Hoffenheim), Michal Kadlec (Fenerbahce), David Limbersky (Viktoria Plzen), Daniel Pudil (Sheffield Wednesday, on loan from Watford), Marek Suchy (Basel), Tomas Sivok (Bursaspor).

Midfielders: Vladimir Darida (Hertha Berlin), Borek Dockal (Sparta Prague), Daniel Kolar (Viktoria Plzen), Ladislav Krejci (Sparta Prague), David Pavelka (Kasimpasa), Jaroslav Plasil (Bordeaux), Tomas Rosicky (Arsenal), Jiri Skalak (Brighton), Josef Sural (Sparta Prague).

Forwards: David Lafata (Sparta Prague), Tomas Necid (Burkaspor), Milan Skoda (Slavia Prague).


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Sky Sport


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X