Laga Usiran Persija Merembet ke Semua Hal

By Jumat, 3 Juni 2016 | 13:02 WIB
Stadion Utama Gelora Bung Karno tergenang saat menggelar Trofeo Persija, Sabtu (9/4/2016).
Herka Yanis Pangaribowo/JUARA.net
Stadion Utama Gelora Bung Karno tergenang saat menggelar Trofeo Persija, Sabtu (9/4/2016).

Partai kontra PS TNI pada 10 Juni bisa menjadi laga kandang terakhir Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Setelah itu, Ismed Sofyan dkk akan menjalani laga usiran di luar ibu kota dalam mengarungi lanjutan TSC 2016. 

Persija rencananya akan mengungsi ke Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, dengan opsi kedua di Stadion Manahan, Solo. Hijrah ke kota lain menjadi kewajiban lantaran SUGBK akan menjalani proses renovasi mulai akhir Juni 2016 sampai Agustus 2017 untuk keperluan Asian Games 2018.

Sebenarnya, menjalani laga usiran bukanlah pengalaman baru bagi Persija. Tim kota metropolitan itu sudah terbiasa menjalaninya pada musim-musim sebelumnya dalam ajang Liga Super Indonesia. Pada LSI 2013, Macan Kemayoran menjalani tujuh laga usiran saat menjamu Persegres Gresik, Persela Lamongan, Persepam Madura United, Persiba Balikpapan, Barito Putera, Persib Bandung dan Pelita Bandung Raya (kini Madura United).

Kini di TSC, Persija akan melakoni 14 partai usiran. Selain bisa berdampak buruk pada sisi psikologis pemain, laga usiran akan berefek pada berkurangnya uang yang masuk ke kantong klub.

“Rasa kecewa jelas ada karena laga kandang tak bisa digelar di Jakarta. Saya belum tahu akan bermain di mana, yang jelas waktu tempuh kami akan semakin jauh ke stadion. Hal itu bisa berdampak pada kelelahan pemain,” kata kapten Persija, Ismed Sofyan.

Selain bisa berefek negatif pada kondisi fisik Maman Abdurahman cs, kepindahan markas juga berpengaruh pada durasi bertemunya pemain dengan keluarganya.

“Ada faktor nonteknis yang perlu diperhatikan. Jika main di GBK banyak keluarga pemain mendukung langsung lantaran banyak yang berdomisili di Jakarta. Andaikan main jauh dari Jakarta, mungkin akan berkurang,” kata Maman.

Hikmah

Bila pemain harus siap dengan berkurangnya dukungan The Jakmania (suporter Persija), panitia pelaksana (panpel) Persija telah mewanti-wanti bakal menurunnya pendapatan dari tiket pertandingan.

“Pasti penghasilan panpel menurun. Tapi, itu berbanding lurus dengan biaya kandang yang lebih kecil, seperti sewa stadion dan biaya keamanan. Hanya, kondisi itu akan berpengaruh pada penurunan harga tiket juga,” kata Bobby Kusumahadi, panpel Persija.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X