Guardiola Datang, Berbahagialah Pemain Muda Man City!

By Anju Christian Silaban - Selasa, 7 Juni 2016 | 13:23 WIB
Ekspresi pelatih Bayern Muenchen, Pep Guardiola saat menyaksikan timnya bermain melawan Atletico Madrid dalam laga pertama babak semifinal Liga Champions di Stadion Vicente Calderon, Rabu (27/4/2016).
GERARD JULIEN/AFP
Ekspresi pelatih Bayern Muenchen, Pep Guardiola saat menyaksikan timnya bermain melawan Atletico Madrid dalam laga pertama babak semifinal Liga Champions di Stadion Vicente Calderon, Rabu (27/4/2016).

Kehadiran Josep Guardiola sebagai Manajer Manchester City memberikan kabar baik untuk para pemain muda. Sebab, pria asal Spanyol ini berniat meregenerasi skuad.

Rencana ini diutarakan oleh Chairman Khaldoon Al Mubarak. Dia menyatakan sejumlah sosok senior senior bakal hengkang demi memberi ruang untuk pemain muda.

Maklum, rata-rata usia dari 24 pemain di skuad saat ini mencapai 29,4 tahun. Klub berjulukan The Citizens pun menyandang predikat skuad paling uzur di Premier League.

"Saat yang tepat beberapa pemain pergi. Sebab, kami harus menjaga keseimbangan antara beberapa kelompok usia. Tanggung jawab ini berada di tangan Guardiola," kata Mubarak seperti dilansir Sky Sports, Senin (6/6/2016).

Penuturan Mubarak senada dengan rumor transfer yang beredar sejauh ini. Man City disebut akan melego Eliquim Mangala, Yaya Toure, dan Wilfried Bony. Ketiganya berusia 25 tahun ke atas.

Untuk mengisi kekosongan, sejumlah pemain muda sudah menunjukkan kematangan. Ambil contoh Kelechi Iheanacho yang mampu menyumbang 14 gol hanya dalam kurun waktu 1.288 menit pada musim 2015-2016.

Rata-rata usia dari 24 pemain Man City mencapai 29,4 tahun. Mereka pun menyandang predikat skuad paling uzur di Premier League.

Jangan lupakan pula skuad Manchester City U-21 yang menjuarai Premier League International Cup 2014-2015 dan menembus semifinal edisi 2015-2016.

Kesempatan mereka untuk mengikuti jejak Iheanacho terbuka lebar. Sebab, Guardiola dikenal sebagai pelatih yang sering memberikan debut untuk pemain muda.

Saat menangani Barcelona, dia memberikan kesempatan debut La Liga untuk 15 pemain berusia 21 tahun ke bawah. Beberapa di antaranya adalah Sergio Busquets, Martin Montoya, dan Thiago Alcantara.

Kebijakan serupa diulangi Guardiola bersama Bayern Muenchen. Total sembilan pemain berumur 21 tahun ke bawah melakoni debut Bundesliga berkat Guardiola.


Editor :
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X