Geliat Tiongkok di Eropa

By Sabtu, 11 Juni 2016 | 02:15 WIB
Presiden Grup Suning, Zhang Jindong, berpidato saat konferensi pers pasca akuisisi saham mayoritas Inter Milan di Nanjing, Jiangsu, Tiongkok, 6 Juni 2016.
AFP
Presiden Grup Suning, Zhang Jindong, berpidato saat konferensi pers pasca akuisisi saham mayoritas Inter Milan di Nanjing, Jiangsu, Tiongkok, 6 Juni 2016.

Presiden Tiongkok, Xi Jingping, dikenal luas sebagai pencinta sepak bola. Pada April lalu, sebagaimana dilansir Asosiasi Sepak Bola Tiongkok (CFA), ia bahkan menyebut ingin melihat Negeri Tirai Bambu menjadi juara dunia pada 2050.

Jingping juga berharap sekitar 50 juta warganya memainkan olahraga ini pada 2020. Selain itu, Tiongkok ditargetkan memiliki setidaknya 20.000 pemusatan latihan dan 70.000 lapangan pada 2020.

Kebangkitan cabang bal-balan ini salah satunya dilakukan dengan merekrut pelatih serta pemain bintang. Hal ini tak lain dimungkinkan oleh pertumbuhan ekonomi dan industri yang luar biasa di negara tersebut.

Tak kurang dari nama-nama seperti Marcelo Lippi, Ramires, Oscar, Alex Teixeira, hingga Nicolas Anelka diboyong. Semua ini dimulai dengan menjadikan David Beckham sebagai duta sepak bola Tiongkok untuk dunia pada 2013.

Baca Juga:

Pelatih Arsenal, Arsene Wenger, bahkan pernah mengingatkan soal hal ini. "Sepak bola Eropa mesti khawatir dengan kekuatan finansial yang akan memindahkan sepak bola ke Tingkok," katanya.

Wenger dan banyak pihak mungkin kecele dengan geliat sejumlah perusahaan raksasa dan orang kaya Tingkok belakangan. Alih-alih memboyong semua yang terbaik ke negerinya, kini mereka yang mencaplok klub-klub Eropa.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.671


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X