Gol Dempsey Bawa AS ke Perempat Final Copa America

By Beri Bagja - Minggu, 12 Juni 2016 | 07:59 WIB
Aksi selebrasi penyerang Amerika Serikat, Clint Dempsey (9), usai membobol gawang Paraguay dalam laga Copa America di Philadelphia, 12 Juni 2016 WIB.
DON EMMERT/AFP
Aksi selebrasi penyerang Amerika Serikat, Clint Dempsey (9), usai membobol gawang Paraguay dalam laga Copa America di Philadelphia, 12 Juni 2016 WIB.

Amerika Serikat memastikan diri lolos ke perempat final Copa America Centenario 2016. Tiket terjamin usai AS memukul Paraguay 1-0 di Lincoln Financial Field, Philadelphia, Minggu (12/6/2016) pagi WIB.

Gol tunggal Amerika Serikat diciptakan oleh Clint Dempsey (menit ke-27). Raihan kemenangan ini membuktikan pasukan Juergen Klinsmann tak sekadar menyasar target minimal imbang.

Setelah memukul Kosta Rika 4-0 pada laga kedua (7/6/2016), AS memang hanya perlu menghindari kekalahan dari Paraguay sebagai syarat minimal lolos ke perempat final. 

Gol Dempsey tercipta melalui kerja sama dengan Gyasi Zanders. Umpan tarik Zanders di sisi kanan pertahanan Paraguay dituntaskan secara sempurna oleh Dempsey dengan tembakan datar langsung nan keras.

Itulah gol ke-51 Dempsey bagi timnas AS. Koleksi penyerang berusia 33 tahun itu tinggal defisit 6 biji dari top scorer sepanjang masa AS, Landon Donovan (57 gol).

Tak lama setelah jeda pergantian babak, Klinsmann harus membongkar susunan pemain AS karena petaka kilat yang dihadirkan bek kanan DeAndre Yedlin. 

Baca Juga:

Pemuda berumur 22 tahun itu menerima dua kartu kuning cuma dalam tempo semenit! Yedlin mendapat kartu kuning pertama usai melanggar sayap Paraguay, Miguel Almiron (47').

Tak lama kemudian, Yedlin melakukan aksi lebih brutal dengan menerjang Miguel Samodio melalui tekel horor sampai awak Paraguay itu terpelanting (48').

Dempsey pun dikorbankan mengingat Paraguay bermain lebih ofensif. Klinsmann memasukkan bek Michael Orozco sebagai pengganti Dempsey, sehingga skema AS berubah dari 4-3-3 menjadi 4-3-2.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X