Media Officer PS TNI Berguru ke Jepang untuk Kelola Klubnya

By Segaf Abdullah - Kamis, 16 Juni 2016 | 07:15 WIB
Perwakilan PS TNI, Djoko Purwoko (kiri) dan Mariani, saat berkunjung ke kantor Kompas Gramedia (KG) di Palmerah Barat, Jakarta, Rabu (15/6/2016).
JUARA.NET
Perwakilan PS TNI, Djoko Purwoko (kiri) dan Mariani, saat berkunjung ke kantor Kompas Gramedia (KG) di Palmerah Barat, Jakarta, Rabu (15/6/2016).

PS TNI bakal dikelola lebih profesional. Media Officer The Army, julukan PS TNI, Djoko Purwoko, menceritakan bagaimana usahanya dalam mengelola tim yang mayoritas dihuni anggota tentara tersebut sampai ke belajat ke Jepang.

Dalam lawatan tersebut, Djoko Purwoko membeberkan bagaimana jajaran manajemen ingin mengelola PS TNI dengan rapi dan profesional. Bahkan, Djoko mengungkapkan dirinya sampai harus ke Jepang untuk mendapatkan ilmu tata pengelolalaan klub yang baik.

"Pada 2014, saya sampai ke Sapporo, Jepang untuk belajar tata kelola sepak bola yang semestinya. Saya sampai 12 hari belajar dan praktik mengenai tata cara mengelola klub profesional," ucap Djoko, saat berkunjung ke kantor redaksi JUARA, Rabu (15/6/2016).

"Sebenarnya Indonesia lebih dulu mengenal sepak bola. Namun, Jepang lebih cepat memperbaiki kesalahan sehingga sukses lolos ke Piala Dunia 1998 di Prancis," lanjutnya.

Baca juga:

Selain itu, Djoko juga menungkapkan jika PS TNI tetap pada kebijakan untuk tidak merekrut pemain asing. Selanjutnya, dia juga mengatakan jika para pemain muda The Army juga berpeluang menjadi anggota TNI.

"Kami tetap pada keputusan untuk tidak menggunakan pemain asing. Kami juga mempersilakan para pemain di bawah umur 22 tahun untuk menjadi anggota TNI," tutur Djoko.

Sebetulnya, sudah merupakan hal yang lazim sebuah klub didirikan dan lahir dari institusi militer. Sebelum PS TNI dibentuk, sedikitnya sudah ada enam klub di dunia dengan basis militer.

Mereka adalah CSKA Moskow (Rusia), CSKA Sofia (Bulgaria), Sangju Sangmu (Korea Selatan), Phillipine Army GTI (Filipina), Army United FC (Thailand), serta Warriors FC (Singapura). Bahkan di Thailand, Angkatan Laut negara itu memiliki klub pro, Navy FC. 

[video]http://players.brightcove.net/4386485688001/5f5050ba-12eb-4380-b837-257aded67fbc_default/index.html?videoId=4936205787001&preload=none[/video]


Editor : Estu Santoso
Sumber : juara


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X