Transfer La Liga, Ramai di Level Manajerial

By Jumat, 15 Juli 2016 | 06:51 WIB
Jorge Sampaoli saat diperkenalkan secara resmi sebagai pelatih baru Sevilla CF di Ramon Sanchez Pizjuan, 3 Juli 2016.
CRISTINA QUICLER/AFP
Jorge Sampaoli saat diperkenalkan secara resmi sebagai pelatih baru Sevilla CF di Ramon Sanchez Pizjuan, 3 Juli 2016.

Kedatangan sejumlah pelatih tenar di Premier League 2016-2017 seolah menyihir publik sepak bola dunia. Karena itu, sangat bisa dimaklumi apabila warga Bumi tak menyadari La Liga musim mendatang juga bakal menyambut hadirnya para peracik strategi papan atas.

Penulis: Sapto Haryo Rajasa

Jika dikomparasikan, memang parade pelatih anyar yang singgah di La Liga 2016-17 tak mengantongi nama besar layaknya Jose Mourinho yang akan membesut Manchester United, Pep Guardiola yang akan menukangi Manchester City, atau Antonio Conte yang bakal melatih Chelsea.

Kendati demikian, rasanya keliru jika kita memandang remeh akuisisi beberapa arsitek.

Mereka di antaranya Jorge Sampaoli yang direkrut Sevilla, Juande Ramos yang digiring Malaga, Gustavo Poyet yang diambil Real Betis, Quique Sanchez Flores yang dicomot Espanyol, hingga Mauricio Pellegrino yang diangkut Alaves.

Baca Juga:

Di musim panas tahun lalu, Sampaoli menjadi individu pertama dalam sejarah yang sukses menghadirkan gelar Copa America bagi Cile.

Sebelum direkrut Tottenham Hotspur, Ramos telah mencuri atensi luas berkat kiprah apiknya bersama Sevilla.

Sementara itu, Quique malang melintang di sejumlah klub Matador seperti Valencia, Atletico Madrid, dan Getafe. Pellegrino mungkin ingin melupakan masa sulit saat memimpin armada Mestalla.

Namun, modal melatih Estudiantes dan Independiente di tanah kelahirannya, Argentina, memberi harapan cerah guna duduk di kursi entrenador klub promosi Alaves.

Begitu pula dengan Poyet yang mengantar AEK Athena duduk di posisi keempat Superleague Yunani. Secara overall, ada tujuh pelatih anyar di La Liga 2016-2017.

Selain lima nama di atas, ada Gaizka Garitano yang mengambil alih tongkat estafet Deportivo La Coruna dari Victor Sanchez.

Ada juga Paco Jemez yang kini memegang kendali Granada, setelah melepas pos serupa di Rayo Vallecano.

“Kuncinya adalah bagaimana kita bisa memulai musim dengan baik. Kenyataannya memang tak semudah itu. Namun, saya merasa yakin karena kini ada sosok Juande Ramos. Klub telah bergerak dengan baik dan sekarang saatnya para pemain membayar kepercayaan itu,” ungkap Sergio Duda, kapten tim, seperti dilansir La Opinion de Malaga.

Bagi Ramos, ini menjadi termin kedua dirinya berlabuh di La Rosaleda. Pada musim 2003-2004, pria yang terakhir kali menjabat pelatih Dnipro Dnipropetrovsk ini sempat mengasuh Salva Ballesta dkk.

Los Boquerones dibawa menutup musim di peringkat 10. Trayek itu dianggap apik dan kemudian membawanya ke Sevilla.

[video]http://video.kompas.com/e/5035290869001_v1_pjuara[/video]


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X