2 Petenis Republik Ceska Juga Mundur dari Olimpiade Rio

By Diya Farida Purnawangsuni - Minggu, 17 Juli 2016 | 17:53 WIB
Petenis Republik Ceska, Tomas Berdych, saat bertanding melawan Andy Murray (Inggris Raya) pada laga semifinal Wimbledon 2016 di Centre Court, The All England Lawn Tennis Club, Wimbledon, London, 8 Juli 2016.
LEON NEAL/AFP PHOTO
Petenis Republik Ceska, Tomas Berdych, saat bertanding melawan Andy Murray (Inggris Raya) pada laga semifinal Wimbledon 2016 di Centre Court, The All England Lawn Tennis Club, Wimbledon, London, 8 Juli 2016.

Dua petenis terbaik Republik Ceska, Tomas Berdych dan Karolina Pliskova, memutuskan mundur dari Olimpiade Rio 2016. Keduanya memilih absen karena tak ingin mengambil risiko terkena virus zika.

"Saya sangat menyesal mengumumkan bahwa saya tidak bisa ambil bagian pada Olimpiade Rio tahun ini. Itu semua karena virus zika yang menyebar di negara penyelenggara Olimpiade," tulis Berdych melalui media sosial Twitter yang dilansir AFP, Minggu (17/7/2016).

"Saya mengkhawatirkan kemungkinan terkena virus zika," ujar Pliskova secara terpisah.

Selain Berdych dan Pliskova, Milos Raonic (Kanada) dan Simona Halep (Rumania) juga mengambil keputusan sama. Raonic dan Halep mengonfirmasi pengunduran diri mereka sehari sebelum Berdych dan Pliskova mundur.

Absennya Berdych dan Pliskova membuat para kompatriot, Radek Stepanek dan Lucie Safarova, harus mencari tandem baru.

Baca Juga:

Stepanek semula akan berpasangan dengan Berdych pada nomor ganda putra, sedangkan Safarova berpasangan dengan Pliskova pada nomor ganda putri.

Federasi Tenis Internasional (International Tennis Federation/ITF) berupaya meyakinkan para pemain dan penggemar tenis supaya tidak terlalu cemas dengan virus zika.

"Pada saat kami memahami dan menghormati kecemasan terhadap virus zika, IOC (Komite Olimpiade Internasional) telah memastikan pencegahan akan dilakukan untuk menekan risiko terhadap atlet, ofisial, dan fans," kata Presiden ITF David Haggerty.

"Kami juga menerima pandangan dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) yang menyebut tidak ada alasan untuk menunda atau membatalkan Olimpiade Rio 2016," ujarnya menambahkan.


Editor : Pipit Puspita Rini
Sumber : afp


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X