Kisah 5 Pemain Termahal di Serie A: 4 Sukses, 1 Gagal Total

By Beri Bagja - Selasa, 19 Juli 2016 | 07:03 WIB
Penyerang Napoli, Gonzalo Higuain, merayakan gol yang dia cetak ke gawang Fiorentina dalam pertandingan Serie A di Stadion Artemio Franchi, Florence, Italia, 29 Februari 2016.
ALBERTO PIZZOLI/AFP
Penyerang Napoli, Gonzalo Higuain, merayakan gol yang dia cetak ke gawang Fiorentina dalam pertandingan Serie A di Stadion Artemio Franchi, Florence, Italia, 29 Februari 2016.

Andai transfer Gonzalo Higuain (28) dari Napoli ke Juventus terealisasi, penyerang tajam asal Argentina itu akan tercatat sebagai pembelian termahal oleh klub Serie A sepanjang sejarah.

Juventus harus mengeluarkan uang 94 juta euro atau setara Rp 1,3 triliun jika ingin mendaratkan sang pemain ke Turin.

Jumlah tersebut sesuai dengan nilai yang tertera dalam klausul pelepasan Higuain di Napoli. Kubu Si Biru tak bisa berbuat banyak andai Juve benar mengucurkan uang sebanyak itu.

Baca Juga:

Higuain pun akan memecahkan rekor sebagai pembelian termahal di Serie A. Dia berpotensi melampaui rekor sebelumnya milik rekan senegaranya, Hernan Crespo.

Crespo bernilai 55 juta euro atau kini setara Rp 801,8 miliar ketika dibeli Lazio dari Parma pada 2000.

Di bawah Crespo menyusul kiper Juventus, Gianluigi Buffon, dengan harga 52,88 juta euro dari Parma ke Lazio pada 2001.

Patut dicermati bahwa deretan pemain berharga selangit tidak selalu menjamin kesuksesan.

Dari lima pemegang rekor termahal di Serie A, empat di antaranya bisa disebut sukses, dan satu orang gagal total membuktikan harga setara kualitas.

Jika jadi berganti seragam dari Napoli ke Juve, akan seperti apa karier Higuain? Apakah dia bakal sukses atau gagal seperti pendahulunya di daftar 5 pemain termahal berikut ini?

1. Hernan Crespo: 55 juta euro (Parma ke Lazio, 2000)

Crespo menunjukkan ketajaman luar biasa saat membela Parma pada 1996-2000. Mantan striker yang gantung sepatu pada 2012 itu mencetak 94 gol dalam 200 partai di berbagai ajang untuk Parma.

Selama kurun waktu tersebut, dia mencicipi tiga gelar pada 1999, yakni Piala Italia, Piala UEFA, dan Piala Super Italia.

Pada 2000, Crespo hijrah ke Lazio dengan harga 55 juta euro hingga menjadi pemain termahal di dunia ketika itu.

Rekornya bertahan dua minggu sampai diperbarui oleh Luis Figo, yang pindah dari FC Barcelona ke Real Madrid (62 juta euro).

Bersama Lazio, Crespo bertahan selama dua musim dengan hanya goresan trofi Piala Super Italia 2000.

Namun, Crespo sukses dari sisi individual karena meraih gelar top scorer Serie A satu-satunya milik dia sepanjang karier. Ia mengoleksi 26 gol pada 2000-2001.

[video]http://video.kompas.com/e/5039424890001_v1_pjuara[/video]


Editor : Beri Bagja
Sumber : transfermarkt, Tuttosport


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X