Pelatih Timnas U-19 Ingin Tim Spartan dan Cepat

By Senin, 25 Juli 2016 | 21:02 WIB
Pelatih anyar timnas U-19 Indonesia, Eduard Tjong (kanan), saat diperkenalkan di Kantor PSSI, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (15/7/2016).
SEGAF ABDULLAH/JUARA.NET
Pelatih anyar timnas U-19 Indonesia, Eduard Tjong (kanan), saat diperkenalkan di Kantor PSSI, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (15/7/2016).

Gaya bermain tim-tim Asia Tenggara pada umumnya cenderung mengutamakan kecepatan yang bertumpu pada ketahanan fisik. Gaya tersebut kerap diperlihatkan Vietnam, Myanmar, dan tentu saja Thailand.

Penulis: Gonang Susatyo

Bila tak mampu mengimbanginya, lawan bakal keteteran. Demikianlah pandangan pelatih tim nasional U-19, Eduard Tjong terkait tipe calon-calon lawan yang bakal dihadapi Indonesia di fase grup B Piala AFF U-19 2016.

Guna mengantisipasi gaya permainan lawan tersebut, Eduard sudah merancang program awal bagi para pemainnya.

“Di penyisihan grup, Indonesia U-19 sudah bertemu lawan-lawan seperti Myanmar dan Thailand yang punya kecepatan dan fisik bagus. Untuk mengimbanginya, timnas harus bermain seperti itu pula,” ujar pelatih yang akrab disapa Edu tersebut.

"Jadi, saat seleksi pemain, faktor fisik akan menjadi perhatian utama. Pemain sudah harus menjalani tes VO2max di hari pertama mengikuti seleksi," lanjutnya.

Selama persiapan tim yang kurang dari dua bulan, Edu dan para asistennya bakal fokus pada peningkatan fisik sehingga pemain memiliki daya tahan bagus dan kecepatan.

Bahkan 70 persen program persiapan bakal lebih ditekankan ke faktor fisik.

“Taktik dan teknik tetap menjadi perhatian, tapi fokus saya adalah daya tahan dan fisik. Bagaimana pemain bisa bermain spartan selama 90 menit. Jadi penting sekali pemain memiliki VO2max yang tinggi,” ujar Edu melanjutkan.

Mantan pelatih PS TNI ini terkesan dengan skuat timnas U-19 asuhan Indra Sjafri yang memiliki catatan VO2max tinggi.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X