Barisan 9 Pengkhianat dari Napoli ke Juventus

By Beri Bagja - Minggu, 24 Juli 2016 | 20:10 WIB
Aksi Gonzalo Higuain (kiri) saat berduel dengan Andrea Barzagli dalam laga Serie A antara Juventus dan Napoli di Juventus Arena, 13 Februari 2016.
MARCO LUZZANI/GETTY IMAGES
Aksi Gonzalo Higuain (kiri) saat berduel dengan Andrea Barzagli dalam laga Serie A antara Juventus dan Napoli di Juventus Arena, 13 Februari 2016.

Gonzalo Higuain (28) di ambang peresmian kepindahannya dari Napoli ke Juventus. Publik Napoli pun sudah memberi penyerang Argentina itu stempel sebagai pengkhianat.

Sebelum muncul konfirmasi dari kubu Juventus terkait perekrutan Higuain, suporter Napoli beramai-ramai melancarkan unjuk rasa.

Baca Juga:

Akibat kabar kepindahannya ke Juve, status Higuain berubah drastis dari idola menjadi musuh nomor satu Neapolitan, sebutan buat publik Napoli.

Transfer Higuain yang memakan biaya 94,7 juta euro (Rp 1,4 triliun) seolah mengungkit kembali luka dalam seputar pengkhianatan idola I Partenopei yang menyeberang ke Juventus.

Dalam sejarah, Transfermarkt mencatat ada 9 perpindahan yang melibatkan transfer pemain langsung dari Napoli ke Juve. Berikut barisan pembelot tersebut.

  • Jose Altafini (1972)

Karier di Napoli: 1965-1972, 234 main/97 gol

Karier di Juventus: 1972-1976, 119/37

Barangkali Altafini adalah pembelot Napoli-Juventus paling kondang. Mantan striker tajam itu menjadi idola Neapolitan selama 7 tahun sebelum hijrah ke Juve saat mendekati usia senja.

Momen paling terkenal muncul ketika Altafini mencetak gol penentu kemenangan Juventus ke gawang Napoli dalam laga di kandang Bianconeri pada pekan-pekan terakhir Serie A 1974-1975.

Masuk sebagai pengganti, Altafini menjebol gawang Napoli pada menit ke-88 hingga mengubah skor menjadi 2-1 untuk Juve.

Karena hasil tersebut, Sang Putih-Hitam semakin menjauhkan diri dari kejaran Napoli dan akhirnya finis sebagai juara liga kala itu.

Bersama Juve, Altafini menjuarai Serie A dua kali, gelar yang tak bisa dia raih dengan Napoli.

Pria yang pernah membela timnas Italia dan Brasil itu ikut mengomentari keputusan Higuain mengikuti jejaknya berganti klub secara sarkastis.

"Saya senang karena Higuain akan menggantikan saya sebagai pengkhianat. Ketika meninggalkan Napoli, tak ada yang meminta saya bertahan. Higuain berbeda. Dia dibiarkan bebas memilih dan ia ingin Juventus," kata pria yang kini berusia 78 tahun tersebut kepada Radio Capital.

Altafini menilai perekrutan Higuain bakal membuat Juve semakin kuat dan tak tertandingi kompetitor lokal.

"Kini saya akan berlangganan menyaksikan kejuaraan basket atau voli saja. Tak ada gunanya menonton Serie A," ucap sosok yang juga menjadi legenda Milan itu.

[video]http://video.kompas.com/e/5047466542001_v1_pjuara[/video]


Editor : Beri Bagja
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X