Madura United, Gabungkan Kultur, Religi, dan Sepak Bola

By Suci Rahayu - Rabu, 3 Agustus 2016 | 18:30 WIB
Trio Madura United: Ahmad Maulana Putra, Gilang Ginarsa, dan Bayu Gatra (dari kiri ke kanan) foto bersama santri dari Ponpes Mambaul Ulum, Pamekasan, Selasa (2/8/2016).
SUCI RAHAYU/JUARA.NET
Trio Madura United: Ahmad Maulana Putra, Gilang Ginarsa, dan Bayu Gatra (dari kiri ke kanan) foto bersama santri dari Ponpes Mambaul Ulum, Pamekasan, Selasa (2/8/2016).

Salah satu pesona Madura adalah kehidupan religi yang kental ditunjang dengan kehidupan masyarakatnya yang sangat kultural. Ciri khas itu coba dipadukan dengan gairah sepak bola Pulau Garam itu melalui klub TSC 2016, Madura United.

Aroma pondok pesantren coba dirasakan oleh tiga pemain Madura United: Bayu Gatra, Gilang Ginarsa dan Ahmad Maulana. Mereka secara khusus akan menimba ilmu di Pondok Pesantren Mambaul Ulum, Bata-bata, Pamekasan Madura selama dua hari pada 2-3 Agustus 2016.

Ada di pondok pesantren terbesar di Pulau Garam, yang dihuni oleh 11.000 santri dari seluruh Indonesia, mereka  ternyata cepat beradaptasi. Bayu Gatra misalnya, dia ternyata memiliki background sebagai santri.

Jadi, eks pemain Bali United tidak asing saat dihadapkan pada suasana pondok pesantren.

"Kegiatan pemain nyantri adalah bagian dari keterlibatan Madura United untuk mempromosikan potensi dan karakter Madura."

Presiden Madura United, Ahsanul Qosasi

"Saya sudah terbiasa dengan kehidupan pondok pesantren, jadi sudah tahu aktivitas di pondok. Pak De saya punya pondok di Jember, dulu sering main-main di sana,” ujar Bayu.

Sementara itu, antusiasme ditunjukkan oleh Gilang Ginarsa. Pemain yang dikenal kalem itu selama ini terkenal sebagai pesepak bola yang religius. Jadi tak heran bila bapak satu anak ini cukup gembira menyambut kegiatan di pondok.

"Senang saja, kami pengen tahu kehidupan santri gimana. Jadi dulu waktu awal tahun ada rencana mau kegiatan seperti ini, saya langsung menawarkan diri,” tuturnya.

Di sisi lain, Gilang juga merasa senang karena mendapatkan banyak teman. Pada kesempatan tersebut, dia juga akan membagikan ilmunya tentang sepak bola.


Gelandang Madura United, Gilang Ginarsa melemparkan bola ke salah satu santri ponpes disaksikan dua rekannya, Bayu Gatra dan Ahmad Maulana Putra (kiri), Selasa (2/8/2016). (SUCI RAHAYU/JUARA.NET)

 

"Ada banyak teman di sini, saya juga akan membagi ilmu tentang sepak bola,” ucap Gilang.

Pengalaman pertama juga dirasakan oleh Maulana. Menurut pemain berambut kribo itu, hal semacam ini tidak pernah didapatkan di klub-klub yang pernah dia bela sebelumnya.


Editor : Estu Santoso
Sumber : juara


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X