Momen JUARA: Gol Salto Mauro Bressan ke Gawang Barcelona di Liga Champions 1999

By Wisnu Nova Wistowo - Rabu, 10 Agustus 2016 | 20:12 WIB
Gelandang Mauro Bressan mencetak satu gol indah yang membuat namanya masuk dalam buku sejarah sepak bola dunia.
GRAZIA NERI/GETTY IMAGES
Gelandang Mauro Bressan mencetak satu gol indah yang membuat namanya masuk dalam buku sejarah sepak bola dunia.

Mauro Bressan bukan salah satu gelandang yang masuk dalam jajaran pemain top dunia. Namun, ia cukup butuh satu gol untuk bisa menjadi legenda selalu dikenang sepanjang sejarah sepak bola dunia.

Gelandang yang lahir di Valdobbiadene, Italia, pada 5 Januari 1971 tidak pernah bertahan sampai lima tahun bersama satu klub sepanjang perjalanan karier profesionalnya.

Total ada 13 klub pernah diperkuat Bressan. Namun, hanya bersama satu klub ia bisa menuai kesuksesan sebagai pesepak bola, yakni saat berseragam Fiorentina pada periode 1999 hingga 2001.

Hanya bersama Fiorentina ia bisa memenangi satu-satunya gelar sepanjang karier, yakni di ajang Coppa Italia 2000-2001.

Namun, yang membuat Bressan menjadi legenda dan akan selalu dikenang justru terjadi pada 1999. Tepatnya pada 2 November 1999 di pertandingan babak penyisihan Grup B Liga Champions melawan Barcelona di Artemio Franchi, ia mencatatkan namanya dalam buku sejarah sepak bola dunia.

Pemain yang hanya punya catatan 23 gol dalam 20 tahun berkarier di level klub ini mencetak gol salto yang indah dari jarak 30 meter. Gol tersebut pun selalu masuk dalam daftar gol-gol terbaik sepanjang masa Liga Champions.

Baca Juga:

Di pertandingan ini, Bressan mendapatkan kepercayaan dari pelatih Giovanni Trapattoni untuk tampil sebagai starter.

Saat laga berusia 14 menit, Fioretina tengah melakukan serangan ke lini pertahanan Barcelona. Berawal dari upaya umpan silang mendatar dari dalam kotak penalti Enrico Chiesa, bola berhasil dibendung Ronald de Boer sehingga keluar dari zona kotak penalti.

Bola lambung hasil antisipasi De Boer menjadi liar ketika coba diperebutkan Jorg Heinrich dan Rivaldo. Namun, keduanya sama-sama tidak berhasil menguasai bola dan kembali memantul liar.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X