Ini Alasan Penundaan Tes Fisik Timnas U-19

By Senin, 15 Agustus 2016 | 13:17 WIB
Para pemain tim nasional Indonesia U-19 bersama staf pelatih menjalani sesi latihan fitnes di Komplek Universitas Negeri Yogyakarta, pada Sabtu (13/8/2016).
GONANG SUSATYO/JUARA.NET
Para pemain tim nasional Indonesia U-19 bersama staf pelatih menjalani sesi latihan fitnes di Komplek Universitas Negeri Yogyakarta, pada Sabtu (13/8/2016).

Tim nasional U-19 rencananya melakukan tes fisik pada Senin (15/8/2016). Melalui tes itu, pelatih timnas U-19 Eduard Tjong bisa mengetahui VO2max pemain karena dia berharap VO2max pemain rata-rata bisa mencapai 60.

Namun rencana tes fisik itu akhirnya dibatalkan karena Eduard ingin mematangkan teknik dan taktikal tim. Meski demikian tes fisik tetap akan dilakukan.

Baca Juga:

“Tes fisik untuk sementara ditunda. Saya ingin fokus pada teknik dan taktikal. Apalagi, pada pekan ini kami melakukan banyak uji coba. Tetapi mereka tetap harus menjalani tes fisik. Ini penting karena bagaimana pemain bisa bermain spartan dan cepat kalau tidak punya fisik yang bagus,” papar Eduard.

“Dari tes fisik terakhir, rata-rata kondisi mereka sangat bagus. Bahkan ada VO2max pemain yang mencapai 65. Rencananya September akan dilakukan tes fisik,” ujarnya.

Eduard memang lebih banyak memberikan program taktikal pada tim. Pemain belakang dan depan pun dilatih secara terpisah. Eduard sendiri menangani bagian tim yang melakukan serangan.

“Tim dilatih secara terpisah. Saya sengaja membagi dua, khusus untuk pemain yang melakukan serangan dan mereka yang bertahan. Bagaimana mereka menyerang dan bertahan menjadi perhatian,” kata dia.

Dengan waktu tersisa, Eduard menggeber pemainnya dengan latihan keras. Bila tidak latihan, mereka berada di gym untuk fitnes. Pelatih berharap daya tahan pemain makin meningkat.

“Kalau di Sawangan, kami kesulitan mencari tempat untuk berlatih kebugaran. Di Yogyakarta, pemain bisa fitnes karena tempatnya pun tidak jauh,” ucap Edu, sapaannya.

[video]http://video.kompas.com/e/5082729573001_v1_pjuara[/video]


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : juara


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X