Hadapi Indonesia, Ujian Pertama Malaysia Tanpa Empat Pilar Utama

By Verdi Hendrawan - Kamis, 25 Agustus 2016 | 07:36 WIB
Pelatih tim nasional Malaysia, Ong Kim Swee, dalam pertandingan uji coba menghadapi Chelsea di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, pada 21 Juli 2011.
STANLEY CHOU/GETTY IMAGES
Pelatih tim nasional Malaysia, Ong Kim Swee, dalam pertandingan uji coba menghadapi Chelsea di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, pada 21 Juli 2011.

Tim nasional Malaysia akan segera melakoni pertandingan uji coba menghadapi Indonesia di Stadion Manahan, Solo, pada Selasa (6/9/2016). Pertandingan tersebut menjadi ujian pertama Harimau Malaya tampil tanpa empat pilar andalan mereka.

Persiapan Malaysia menghadapi Piala AFF 2016 terganggu oleh keputusan empat pemain utama mereka yang memilih untuk pensiun dini. Mereka adalah Safiq Rahim, Aidil Zafuan Abdul Radzak, Subramaniam Kunanlan, dan Amirulhadi Zainal.

Keempat pemain tersebut memutuskan untuk pensiun dan mundur dari timnas Malaysia pada Juli lalu. Padahal, keempatnya adalah bagian terpenting dari skuat dan selalu tampil dalam persiapan tim saat melakukan tur Oceania, 17-26 Juli 2016.

Baca Juga:

Melihat situasi ini ditambah dengan cederanya beberapa pemain seperti Shahrom Kalam, Christie Jayaseelan, Junior Eldstal, Mahali Jasuli, dan Khair Jefri Jones, kemungkinan Pelatih Ong Kim Swee akan melakukan banyak perombakan di dalam tim.

Ong Kim Swee pun baru akan mengumumkan susunan skuat berisikan 23 hingga 25 pemain yang akan ia bawa ke Solo pada Kamis (25/8/2016).

Seperti dikabarkan portal berita Malaysia, Hmetro.com, kemungkinan besar Ong Kim Swee akan kembali memanggil para pemain andalannya seperti Ronny Harun, Wan Zack Haikal Wan Noor, Matthew Davies, dan mantan kapten tim muda Malaysia, Irfan Fazail.

Selain kondisi skuat Malaysia yang tidak menentu, pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl, pun belum mengumumkan susunan pemain pertama timnya usai lepas dari sanksi FIFA. Permasalahan cedera juga membuat pelatih asal Austria itu harus mencari pemain tepat untuk memunculkan kekuatan memaksimalkan Tim Garuda.

Meski demikian, situasi ini harus bisa dimanfaatkan oleh Indonesia untuk meraih kemenangan perdana usai pembekuan PSSI dan timnas oleh FIFA. Sebuah kemenangan atas tim rival bisa meningkatkan kepercayaan diri tim menghadapi Piala AFF 2016 yang akan mulai bergulir pada 19 November 2016.

[video]http://video.kompas.com/e/5096792321001_v1_pjuara[/video]


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : hmetro.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X