Belum Lagi Ada Lawan Untuk Uji Coba Timnas U-19

By Rabu, 31 Agustus 2016 | 16:23 WIB
Muhammad Rafli (tengah) dkk saat menjalani pemusatan latihan timnas U-19 di Yogyakarta.
GONANG SUSATYO/JUARA.NET
Muhammad Rafli (tengah) dkk saat menjalani pemusatan latihan timnas U-19 di Yogyakarta.

19 ke Yogyakarta, pelatih Eduard Tjong berharap mendapat banyak lawan uji coba. Tetapi, harapan sang pelatih tak berbanding lurus dengan kenyataan.  

Asa Eduard Tjong itu sangat beralasan. Sebab, banyak klub di sekitar DI Yogyakarta. Bahkan DIY memiliki tiga klub Divisi Utama, PSS Sleman, PSIM Yogyakarta dan Persiba Bantul.

“Kami belum mengagendakan uji coba lagi. Beberapa tim yang sudah diagendakan untuk uji coba ternyata batal atau diundur."

Pelatih timnas U-19, Eduard Tjong

Belum lagi Persis Solo, PPSM Magelang dan PSIS Semarang. Selain itu masih ada klub-klub yang berlaga di Liga Nusantara.

Artinya, timnas U-19 bakal lebih mudah mencari lawan untuk uji coba sebagai persiapan tampil di Piala AFF U-19 di Vietnam. Eduard pun sudah merancang simulasi uji coba setiap dua hari sekali sesuai dengan jadwal di Piala AFF U-19.

Namun, timnas U-19 tetap kesulitan mendapatkan lawan uji coba. Setelah empat kali berlatih tanding, termasuk melawan Filipina U-19, Garuda Jaya sudah sepi uji coba.


Pelatih timnas U-19, Eduard Tjong memberikan instruksi saat jeda laga uji coba timnya kontra UNY FC di Stadion UNY, Yogyakarta pada Selasa (16/8/2016) sore. (GONANG SUSATYO/JUARA.net)

Padahal, Edu, sapaan Eduard, berharap Muhammad Rafli dkk mendapat uji coba dua kali dalam sepekan. Apalagi, persiapan tim sudah makin dekat.

“Kami belum mengagendakan uji coba lagi. Beberapa tim yang sudah diagendakan untuk uji coba ternyata batal atau diundur. Kami juga belum mendapat jadwal uji coba melawan tim luar negeri setelah Filipina,” kata Eduard.

Sebelumnya, Eduard mengagendakan uji coba melawan PSS dan PSIS usai menghadapi PSIM, yang berakhir imbang 2-2. Bahkan, timnas U-19 juga diagendakan melawan tim PON Kalimantan Timur.

Sayang, semua gagal terlaksana. PSS dan PSIS fokus menyelesaikan laga terakhir di Indonesia Soccer Championship (ISC) B.

Baca juga:

Meski kedua tim sudah lolos ke babak 16 Besar, namun saat ini mereka masih berkonsentrasi menghadapi lawan-lawannya.

“Karena lawan dua tim DU itu belum bisa dilaksanakan, kami merencanakan uji coba dengan tim Kaltim yang akan menjalani pemusatan latihan di Yogyakarta," tutur Edu.

"Tetapi, mereka justru berlatih di Jakarta. Demikian pula tim PON Jateng sudah memiliki agenda uji coba,” jelasnya.

Edu tetap berharap mendapat satu atau dua lawan uji coba. Dia juga menginginkan laga internasional satu kali lagi sebelum ke Vietnam.

"Sampai saat ini, kami belum ada konfirmasi untuk uji coba internasional. Bahkan, kami tak masalah bila harus menghadapi Timor Leste,” tandas eks pelatih PS TNI ini.

[video]http://video.kompas.com/e/5096795644001_v1_pjuara[/video]


Editor : Estu Santoso
Sumber : juara


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X