Timnas U-19 Yakin dengan Skema 4-2-3-1

By Sabtu, 3 September 2016 | 12:01 WIB
Penyerang tim nasional Indonesia U-19, Dimas Drajat (kiri) dalam sesi tes fisik di Yogyakarta, Senin (29/8/2016).
GONANG SUSATYO/JUARA.NET
Penyerang tim nasional Indonesia U-19, Dimas Drajat (kiri) dalam sesi tes fisik di Yogyakarta, Senin (29/8/2016).

Pelatih Indonesia U- 19, Eduard Tjong, sepertinya sudah yakin dengan keputusan memasang pemain tunggal demi memperkuat lini depan tim asuhannya. Menurutnya, skema 4-2-3-1 adalah yang paling pas bagi Dimas Drajad dkk. saat bertarung di Piala AFF U-19 pada September.

Penulis: Gonang Susatyo

Skema tersebut dimatangkan dalam beberapa uji coba. Meski beberapa kali merotasi pemain, eks komandan Persiba dan PS TNI tersebut sudah memiliki gambaran skuat inti Garuda Jaya di Vietnam nanti.

“Skema 4-2-3-1 menjadi pilihan karena saya ingin memperkuat lini tengah dengan menempatkan dua gelandang bertahan. Di posisi itu ada Asnawi Mangkualam Bahar dan Satria Wardana,” kata Eduard.

"Selain itu, ada Chrystna Bhagascara dan Syahrian Abimanyu. Mereka sudah bisa saling menggantikan. Tapi, Asnawi dan Satria menjadi pilihan pertama," lanjutnya.

Second Striker

Melimpahnya stok pemain tengah membuat Eduard punya banyak pilihan, terutama untuk penghuni pos gelandang sayap. Di kanan, Sandi Pratama menjadi pilihan utama, sementara Sadil Ramdani ada di sektor seberangnya.

Pandi Lestaluhu dan Edo Febriansyah didaulat sebagai pelapis keduanya.

“Saya punya beberapa pemain sayap dengan kualitas setara. Semua punya kecepatan. Pilihannya lebih mudah. Yang agak sulit menetapkan second striker yang bermain di belakang penyerang,” tutur Eduard.

Eduard menilai Muhammad Rafli dan Dimas memiliki gaya bermain yang tidak jauh berbeda. Eduard merencanakan memilih Nevy Dwaramury yang berada di belakang Dimas.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.694


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X