Leicester Memicu Badai Sempurna

By Sabtu, 3 September 2016 | 19:30 WIB
Striker Chelsea, Diego Costa, dan bek Paris Saint-Germain, David Luiz, berjabat tanggan menjelang laga babak 16 besar Liga Champion di Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis, pada 17 Februari 2015.
CLIVE ROSE/GETTY IMAGES
Striker Chelsea, Diego Costa, dan bek Paris Saint-Germain, David Luiz, berjabat tanggan menjelang laga babak 16 besar Liga Champion di Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis, pada 17 Februari 2015.

David Luiz menjadi salah satu pemain yang menghiasi transfer hari terakhir di Premier League. Dua tahun lalu, Chelsea melepas bek Brasil itu ke Paris Saint-Germain dengan penjualan mencapai 50 juta pound. Kini, Chelsea membelinya kembali dengan harga sekitar 30 juta pound untuk kontrak selama tiga tahun.

Penulis: Dian Savitri

Luiz menjadi pemain termahal yang resmi dibeli pada hari terakhir transfer, 31 Agustus lalu. Transfer Luiz terjadi pada pukul 22.53 waktu Inggris, hanya tujuh menit sebelum bursa transfer musim panas ditutup, yaitu pukul 23.00.

Jendela transfer musim panas yang dimulai pada 1 Juli lalu kini berakhir sudah. Premier League dengan 20 klubnya menjadi liga yang paling banyak mengeluarkan uang untuk belanja pemain, yaitu lebih dari 1,190 miliar pound atau tepatnya 1.196.837.400 pound. Kalau dirupiahkan menjadi lebih dari 21 triliun.

Sepertinya tinggal menunggu waktu untuk Premier League menembus belanja transfer 1 miliar pound. Dalam 10 jendela transfer terakhir, tren itu selalu meningkat.

Tren peningkatan itu juga bertepatan dengan dimulainya kontrak baru hak siar televisi domestik yang meningkat 70%. Plus, kontrak dengan saluran televisi di luar Inggris yang mencapai 8,4 miliar pound dalam waktu tiga tahun.

Meski demikian, ada faktor lain yang menyebabkan klub-klub Premier League belanja hingga Rp 1 miliar lebih. Menurut Dan Jones, seorang ahli keuangan sepak bola dari Deloitte’s Sports Business Group, semuanya dipicu oleh Leicester City yang menjadi juara Premier League musim lalu.

Pembelian pemain yang dilakukan oleh empat klub Premier League yang berlaga di Liga Champion musim ini, yaitu Arsenal, Leicester City, Manchester City, dan Tottenham, adalah sepertiga dari total belanja Premier League musim ini.

Leicester City, sebuah klub yang sama sekali tidak dijagokan menjadi juara, dengan materi pemain yang biasa-biasa saja, ternyata bisa membalikkan keadaan dan itu membuat klub-klub tradisional menjadi panik. Sebagian besar dari klub besar berganti pelatih, semuanya untuk mengamankan posisi empat besar dan juga satu tiket ke Liga Champions.

Akhirnya, persaingan di antara Manchester United, Manchester City, Chelsea, Liverpool, Arsenal, dan Tottenham Hotspur memiliki intensitas yang lebih tinggi dibanding sebelumnya.

Ada dua klub yang belanjanya menembus angka 100 juta pound, mereka adalah duet Manchester. City menjadi pembelanja terbanyak dengan lebih dari 181 juta pound. Pembelian termahal Pep Guardiola adalah John Stones, bek dari Everton, dengan harga sekitar 47 juta pound.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.695


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X