Rencana Presiden FIFA Tambah Peserta Piala Dunia Jadi 40 Negara

By Beri Bagja - Rabu, 7 September 2016 | 06:55 WIB
Presiden FIFA, Gianni Infantino, ketika menghadiri konferensi pers FIFA dan IFAB di St. David's Hotel, Cardiff, Wales, 4 Maret 2016.
GEOFF CADICK/AFP
Presiden FIFA, Gianni Infantino, ketika menghadiri konferensi pers FIFA dan IFAB di St. David's Hotel, Cardiff, Wales, 4 Maret 2016.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, mengutarakan ide ekspansi jumlah peserta Piala Dunia. Ia siap membahas rencana menambah kontestan turnamen akbar itu menjadi 40 negara.

Wacana tersebut mengartikan bahwa ada 8 negara tambahan dari format 32 peserta yang digunakan saat ini.

Ide Infantino mengacu pada kesuksesan penyelenggaraan Piala Eropa 2016 yang menggunakan format baru 24 tim di putaran final.

Akan tetapi, sang presiden otoritas sepak bola tertinggi dunia itu tidak menilainya sebagai perubahan mutlak dilakukan. 

Baca Juga:

"Kami akan mendiskusikan opini tentang penambahan 40 tim. Saya pikir hal itu positif untuk perkembangan sepak bola, seperti diperlihatkan dengan penambahan 8 tim di Piala Eropa. Semuanya masih terbuka untuk dibahas," kata pria berkewarganegaraan Swiss dan Italia itu.

Pada kesempatan sama, Infantino juga menyampaikan rencana pemberian jatah tuan rumah Piala Dunia 2026 kepada negara anggota CONCACAF (Konfederasi Amerika Utara, Tengah, dan Kepulauan Karibia).

Negara terakhir dari zona tersebut yang kebagian jatah memandu Piala Dunia adalah Amerika Serikat pada 1994.

"CONCACAF tidak memiliki kesempatan untuk waktu yang lama. Kami harus menyadari bahwa ajang seperti Piala Dunia lebih dari sekadar kompetisi, tapi juga event sosial untuk seluruh masyarakat dunia," ucap pria gundul berusia 46 tahun itu.

Kelanjutan eksekusi FIFA terkait ide-ide Infantino ini diharapkan telah diketahui publik pada Oktober.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Sky Sports


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X