Ketika Fans Barcelona Ingin 'Tendang' Guardiola dari Camp Nou

By Ade Jayadireja - Rabu, 7 September 2016 | 14:25 WIB
Pep Guardiola saat membawa FC Barcelona juara La Liga 2011-2012
DAVID RAMOS/GETTY IMAGES
Pep Guardiola saat membawa FC Barcelona juara La Liga 2011-2012

Pep Guardiola adalah sosok pelatih yang berjasa di balik kejayaan FC Barcelona di. Namun, siapa sangka, ternyata ia pernah tidak disukai oleh fans di klub tersebut.  

Guardiola ditunjuk sebagai pelatih utama Barca pada 2008 untuk menggantikan Frank Rijkaard. Sebelumnya, pria yang kini berusia 45 tahun itu membesut Barcelona B.

Awal kisah Guardiola bersama Barcelona tak berjalan mulus. Setelah kalah 0-1 dari Numancia pada laga pembuka La Liga, tim asuhan Pep ditahan imbang 1-1 oleh Racing Santander.

Imbasnya, banyak fans Blaugrana yang menginginkan Guardiola didepak dari kursi pelatih. Mereka lebih menyukai Jose Mourinho.

Baca juga:

"Berdasarkan hasil poling online, sebanyak 80 persen penggemar tidak memercayai saya," kata Guardiola dalam buku bertajuk The Artist: Being Iniesta.

Kendati 'dibenci' oleh sejumlah suporter, Guardiola tak patah arang. Semangat sang nakhoda terus terjaga berkat dukungan gelandang andalannya, Andres Iniesta.

"Banyak orang yang menginginkan Mourinho. Kami tidak menang. Iniesta akhirnya datang dan mengatakan beberapa hal," tutur Guardiola.

Meski gagal meraup poin penuh dalam dua pertandingan pembuka, Guardiola tetap berhasil mempersembahkan gelar juara liga pada musim perdananya sebagai juru taktik Barcelona. Tahun pertama diraihnya dengan status treble winners. 

Guardiola kembali membawa Barcelona berjaya di La Liga pada dua musim berikutnya, 2009–2010 dan 2010–2011.

Di luar kompetisi domestik, pencapaian Guardiola bersama timnya adalah dua kali juara Liga Champions dan dua Piala Dunia Antarklub.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Daily Mail


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X