Identitas Italia di Juventus Mulai Luntur

By Theresia Simanjuntak - Rabu, 7 September 2016 | 16:29 WIB
Kapten Juventus, Gianluigi Buffon, merayakan kemenangan 5-0 Juventus atas Sampdoria di Juventus Stadium, Torino, pada 14 Mei 2016.
VALERIO PENNICINO/GETTY IMAGES
Kapten Juventus, Gianluigi Buffon, merayakan kemenangan 5-0 Juventus atas Sampdoria di Juventus Stadium, Torino, pada 14 Mei 2016.

Juventus selama ini dikenal sebagai klub Italia yang konsisten percaya pada kemampuan para pemain lokal di tim utama. Namun, identitas ini sepertinya mulai luntur di 2016-2017.

Juventus menyerahkan daftar skuat kepada Lega Serie A usai bursa transfer musim panas 2016 ditutup pada 31 Agustus. Dari data tersebut, dapat diketahui bahwa hanya delapan pemain yang berkebangsaan Italia.

Dengan demikian, musim ini yang pertama kalinya sepanjang sejarah klub bahwa stok pemain Italia di tim utama Juventus kurang dari 10 orang.

Yang menarik, dari delapan pemain lokal, tidak ada satu pun pemain Italia di Juventus 2016-2017 yang berposisi sebagai striker. Musim lalu, Juventus masih punya dua striker dalam negeri, yakni Simone Zaza dan Andrea Favalli. Malah, pada 2010-2011, semua para penyerang Juventus berasal dari dalam negeri.

Baca Juga:

Keduanya tak lagi memperkuat I Bianconeri musim ini. Zaza dilepas ke West Ham United, sementara Favalli kembali ke klub asalnya, Livorno.

Menurut La Gazzetta dello Sport, ini juga yang pertama kali dalam sejarah Juventus bahwa mereka tidak punya striker Italia dalam satu musim kompetisi.

Lunturnya kepercayaan Juventus pada pemain dalam negeri dapat ditekankan lewat fakta bahwa tidak ada satu pun pemain Italia yang mereka rekrut di bursa transfer musim panas 2016.

Pada musim panas ini, Si Nyonya Tua mendatangkan enam pemain yang semuanya berbeda kebangsaan: Miralem Pjanic dari Bosnia-Herzegovina, Dani Alves (Brasil), Medhi Benatia (Maroko), Marko Pjaca (Kroasia), Gonzalo Higuain (Argentina), dan Juan Cuadrado (Kolombia).

TOTAL PEMAIN ITALIA DI JUVENTUS


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : La Gazzetta dello Sport, JUARA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X