Valencia Kembali Fokus ke Pengalaman

By Jumat, 9 September 2016 | 12:05 WIB
Pemain Valencia, Daniel Parejo (kiri) dan Shkodran Mustafi, memberikan aplaus kepada fans setelah timnya ditahan imbang 2-2 oleh Getafe dalam pertandingan La Liga 2016-2017 di Stadion Coliseum Alfonso Perez, Madrid, Spanyol, pada 24 April 2016.
DENIS DOYLE/GETTY IMAGES
Pemain Valencia, Daniel Parejo (kiri) dan Shkodran Mustafi, memberikan aplaus kepada fans setelah timnya ditahan imbang 2-2 oleh Getafe dalam pertandingan La Liga 2016-2017 di Stadion Coliseum Alfonso Perez, Madrid, Spanyol, pada 24 April 2016.

Sebagai salah satu tim yang menjadi anggota orisinal The Big Four bersama Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid, status Valencia tergolong paling miris. 

Penulis: Sapto Haryo Rajasa

Maklum, di saat trio di atas menguasai papan atas Primera Division La Liga dalam empat musim terakhir, Valencia cuma sekali masuk empat besar.

Apabila parameternya dikerucutkan pada musim 2016-2017, rapor Los Che bahkan terlihat semakin parah. Setelah melalui sepasang jornada pembuka, Dani Parejo dkk. masih berlabel nirpoin. Dua laga dilewati dengan menelan kekalahan 2-4 dari Las Palmas dan 0-1 dari Eibar, sehingga menaruh Valencia di dasar klasemen.

Apa yang terjadi di musim ini merupakan dampak dari apa yang dilakoni manajemen Mestalla dalam empat musim ke belakang. Sejak pergantian presiden klub, pemilik, direktur teknik, hingga peralihan tongkat estafet dari satu pelatih ke pelatih lain, Valencia tak pernah bijak dalam melangkah.

Ada titik terang pada saat Che merekrut sejumlah pemain berkualitas. Dimulai dari Andres Guardado di 2012-2013, Helder Postiga, Nelson Valdes, Eduardo Vargas, Seydou Keita (2013-2014), Enzo Perez, Nicolas Otamendi, Shkodran Mustafi , Andre Gomes, Alvaro Negredo (2014-2015), Andre Gomes (2015-2016).

Akan tetapi, dari deretan nama tersebut, cuma tersisa Enzo Perez dalam skuat musim ini. Artinya, perekrutan pemain, entah itu pemain senior maupun pemain muda potensial, tak pernah disikapi secara cermat. Jika dikalkulasi secara matang, rasanya mustahil ada penjualan hingga 45 pemain dalam kurun empat transfer musim panas tersebut.

Garay-Mangala

Meski kali ini Perez yang ditunjuk guna mengapteni rekanrekannya, faktanya Diego Alves dan Dani Parejo adalah dua pemain tersenior dalam tim. Alves, sang kiper utama, serta Parejo, mantan kapten, sama-sama didatangkan pada musim panas 2011, sehingga telah genap berkiprah selama lima tahun di Mestalla.

Skuat Valencia musim ini menduduki posisi ketiga dalam daftar termuda. Mereka hanya berada di bawah Granada dan Alaves, yang memimpin di tangga pertama dan kedua.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X