Konsistensi Dua Dasawarsa Real Madrid

By Minggu, 11 September 2016 | 11:03 WIB
Alvaro Morata (kiri) tengah berduel dengan pemainSociedad dalam pertandingan La Liga antara Real Sociedad kontra Real Madrid di Estadio Anoeta, Sebastian, Spanyol, 21 Agustus 2016.
JUAN SERRANO ARCE/GETTY IMAGES
Alvaro Morata (kiri) tengah berduel dengan pemainSociedad dalam pertandingan La Liga antara Real Sociedad kontra Real Madrid di Estadio Anoeta, Sebastian, Spanyol, 21 Agustus 2016.

Bursa transfer musim panas 2016 resmi berakhir sepekan silam. Real Madrid menutup segala aktivitas belanja pemain baru serta menandai periode kali ini dengan catatan yang tak biasa, yakni pengeluaran terminim dalam kurun waktu 18 tahun terakhir.

Penulis: Indra Citra Sena

Manajemen klub hanya menghabiskan 30 juta euro (sekitar 445,2 miliar rupiah) untuk memulangkan Alvaro Morata dari Juventus. Angka tersebut merupakan yang paling rendah sejak edisi 1998.

Saat itu, Madrid menggaet Robert Jarni (Real Betis; 3,4 juta), Ivan Campo (Real Mallorca; 3), dan Rodrigo Fabri (Flamengo; 1) dengan total bujet senilai 7,4 juta euro (sekitar 100 miliar rupiah).

Catatan tambahan, Madrid cuma membeli satu pemain.

Morata adalah rekrutan tunggal, sedangkan dua nama lain, yaitu Marco Asensio dan Fabio Coentrao, bergabung kembali setelah menjalani masa peminjaman selama setahun di Espanyol dan Monaco.

Kebijakan semacam ini pernah diterapkan ketika Madrid mengukir rekor transfer termahal pada edisi 2001.

Sosok di balik terciptanya transfer fantastis seharga 75 juta euro (sekitar 1 triliun rupiah) itu tidak lain ialah Zinedine Zidane, yang kini menduduki kursi pelatih.


Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, memberikan arahan kepada para pemainnya saat laga La Liga kontra Real Sociedad, di Estadio Anoeta, Minggu (21/8/2016) waktu setempat. (ANDER GILLENEA/AFP)

Benarkah kecenderungan transfer Madrid berubah? Jawabannya bisa ya, bisa juga tidak. Tergantung dari sudut pandang mana mencermatinya.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No.2.696


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X