Dortmund Cerdas dalam Menjual, Jeli Membeli

By Minggu, 11 September 2016 | 14:01 WIB
Ousmane Dembele dianugerahi gelar Pemain Muda Terbaik Ligue 1 2015-2016, Minggu (8/5/2016), berkat pemampilan gemilangnya bersama Rennes.
FRANCOIS GUILLOT/AFP
Ousmane Dembele dianugerahi gelar Pemain Muda Terbaik Ligue 1 2015-2016, Minggu (8/5/2016), berkat pemampilan gemilangnya bersama Rennes.

Borussia Dortmund sekilas berada di pihak yang kalah pada bursa transfer musim panas 2016. Die Schwarzgelben (Si Hitam-Kuning) kehilangan tiga pemain kunci sekaligus, yakni Henrikh Mkhitaryan (ke Manchester United), Mats Hummels (Bayern Muenchen), dan Ilkay Guendogan (Manchester City).

Penulis: Sem Bagaskara

"Ini jelas bukan musim panas yang biasa kami lalui," ujar CEO Dortmund, Hans-Joachim Watzke, di Kicker.

Kendati demikian, Dortmund sebenarnya juga pantas disebut pemenang di bursa transfer.

Manuver jual-beli mereka tak gegabah dan penuh perhitungan Mkhitaryan, Hummels, dan Guendogan bukan rahasia lagi merupakan pilar penting Die Schwarzgelben.

Akan tetapi, penjualan ketiga pemain tersebut mendatangkan pemasukan raksasa sebesar 104 juta euro.

Nominal yang sangat besar jika menilik fakta bahwa Mkhitaryan (nilai transfer 42 juta euro), Hummels (35), serta Guendogan (27) memasuki tahun terakhir kontrak mereka bersama Dortmund.

Biasanya, pemain yang berada di tahun terakhir kontrak tak memiliki nilai jual tinggi.

Contoh Mesut Oezil, yang ketika dijual Werder Bremen pada musim panas 2010 hanya mendatangkan pemasukan sebesar 18 juta euro.

Secara total Dortmund mendapatkan 111,30 juta euro dari hasil penjualan pemain di bursa transfer musim panas ini. Jumlah itu adalah yang tertinggi di antara kontestan Bundesliga.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X