Percaya Garuda Bisa Berjaya

By Senin, 12 September 2016 | 05:08 WIB
Bek Barito Putera, Hansamu Yama Pranata (kanan), saat mengikuti seleksi timnas gelombang kedua di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (16/8/2016) pagi.
HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA
Bek Barito Putera, Hansamu Yama Pranata (kanan), saat mengikuti seleksi timnas gelombang kedua di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (16/8/2016) pagi.

Sebuah pesan penting disampaikan bek Barito Putra, Hansamu Yama, untuk tim nasional U-19 yang siap berlaga di Piala AFF U-19 di Vietnam.

Penulis: Gonang Susatyo

“Tetaplah percaya diri dan jangan takut. Saya sendiri yakin mereka bisa meraih prestasi. Harapan untuk mengangkat trofi tetap ada,” kata Hansamu kepada BOLA.

Hansamu merupakan pilar kokoh pertahanan Indonesia U-19 saat menjuarai Piala AFF U-19  2013. Dirinya juga ikut membawa tim lolos ke Piala AFC U-19 2014 meski akhirnya tersingkir di penyisihan grup.

“Yakinlah pada diri sendiri. Saya sepenuhnya mendukung mereka,” ujar Hansamu.

Ya, kepercayaan diri yang kuat kendati jangan juga terlalu percaya diri. Hal itu pula yang disampaikan pelatih Eduard Tjong.

“Bila kepercayaan dirinya kuat, mereka bisa menikmati permainan. Bagaimana mereka mengumpan dan bergerak sangat bagus. Ini yang harus dipertahankan di turnamen. Bila mampu melakukannya, saya yakin mereka bisa berprestasi di Piala AFF U-19,” ujar Eduard.

Di sisi lain, mantan pelatih PS TNI ini mengaku tak memperkirakan perubahan pesat tim setelah mengubah pola latihan.

“Semula saya memberi tekanan pada lini pertahanan. Jadi kita fokus pada pertahanan selama sepekan dan pekan berikutnya pada lini tengah dan kemudian depan. Ternyata, pola ini tidak bisa masuk dengan mudah. Akhirnya semua dikombinasikan. Barulah pemain menunjukkan kemajuan besar pada pekan-pekan terakhir,” urainya.

Menariknya, perkembangan individu pemain juga sangat pesat. Apalagi, Eduard berani memberikan variasi posisi pada pemain, salah satunya memindahkan Sadil Ramdani dari pos sayap ke striker.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X